Yogyakarta

Rencana Pembangunan Fasad, Pemilik Toko di Malioboro Minta Aturan Tidak Diskriminatif

Rencana Pembangunan Fasad, Pemilik Toko di Malioboro Minta Aturan Tidak Diskriminatif

Rencana Pembangunan Fasad, Pemilik Toko di Malioboro Minta Aturan Tidak Diskriminatif
Tribunjogja/ Noristera Pawestri
Kawasan Malioboro yang ramai dikunjungi oleh wisatawan, Senin (24/12/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Agung Ismiyanto

TRIBUNJOGJA.COM - Salah satu pemilik toko di kawasan Malioboro, Budhi Susilo menyambut aturan yang akan dibuat Pemprov untuk penataan fasad bangunan di kawasan itu.

Mereka berharap Pergub yang akan dibuat tetap mengacu pada UU Keistimewaan dan tidak diskriminatif.

"Kami meminta aturan itu tidak diskriminatif pada kami. Pijakan aturan memang harus dimiliki oleh Pemprov DIY. Di antaranya adalah Pergub yang mengacu pada UU Keistimewaan,” ujar Ketua Paguyuban Pengusaha Malioboro (PPM) ini, Jumat (1/2/2019).

Dia mengapresiasi jika ada rencana fasad yang akan dikembalikan atau disesuaikan dengan konsep beragam budaya. Bangunan toko miliknya itu berdiri pada tahun 1975. Di beberapa toko di dekatnya ada yang bercorak etnis Tionghoa. Sehingga, jika ada pengubahan, maka harus disesuaikan aturan.

Baca: Sekda DIY : Pergub Insentif Soal Fasad Segera Dibuat

Sesuai UU Keistimewaan, ujarnya, tanah yang ditempati menjadi toko ini adalah tanah negara, jadi Pemda berhak mengajukan rekomendasi. “Untuk pengubahan fasad bangunan juga harus seizin pemilik lahan atau toko," urainya.

Dia menambahkan, dengan adanya konsep Malioboro yang bermakna untaian sejuta bunga, pemerintah juga harus serius membenahi. Utamanya, masih banyaknya PKL yang mangkal sembarangan di pedestrian.

Peraturan Gubernur (Pergub) untuk pembangunan fasad Malioboro akan dijadwalkan secepatnya. Meskipun, pihak Dinas Kebudayaan dan Dinas Pekerjaan Umum ESDM masih menyatakan masih dalam proses penganggaran.

“Untuk Pergub insentif fasad Malioboro kami akan buat secepatnya. Untuk petunjuk teknisnya pun gampang,” jelas Sekda DIY, Gatot Saptadi, Jumat (1/2/2019).(tribunjogja)

Penulis: ais
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved