Ahmad Dhani Divonis 1,5 Tahun Penjara, Seperti Ini Gambaran Ruang Tahanannya di Rutan Cipinang

Ahmad Dhani yang merupakan musisi kondang di Indonesia ini terlebih dulu menjalani masa orientasi

Ahmad Dhani Divonis 1,5 Tahun Penjara, Seperti Ini Gambaran Ruang Tahanannya di Rutan Cipinang
Instagram | ahmaddhaniofficia
Ahmad Dhani 

TRIBUNJOGJA.COM - Ahmad Dhani dipenjara di Rumah Tahanan (rutan) Cipinang Jakarta setelah dijatuhi vonis 1,5 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan atas kasus ujaran kebencian, Senin (28/1/2019).

Ahmad Dhani yang merupakan musisi kondang di Indonesia ini terlebih dulu menjalani masa orientasi atau masa pengenalan lingkungan rutan selama tiga sampai tujuh hari kedepan.

Tahapan ini wajib diikuti oleh seluruh tahanan. 

"Jadi pada malam hari ini beliau (Ahmad Dhani) kita letakkan sesuai dengan SOP yaitu pada admisi orientasi. Jadi masa pengenalan lingkungan di mana semua tahanan wajib melalui tahapan ini. Tidak ada yang berbeda, semua sama," kata Oga Darmawan, Kepala Rumah Tahanan (rutan) Cipinang dikutip Surya.co.id dari Kompas.com, Selasa (29/1/2019). 

Baca: Ahmad Dhani Divonis 1,5 Penjara, Status Instagram Mulan hingga Kelanjutan Konser Dewa19 Reunion

Baca: Respon Dul Jaelani saat Diminta Ahmad Dhani Acungkan Dua Jari, yang Muncul Beda

Baca: Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Vonis Ahmad Dhani 1,5 Tahun Penjara

Menurut Oga, selama menjalani masa orientasi ini, Ahmad Dhani akan menempati satu ruangan berukuran 20 × 10 meter dengan 200 hingga 300 orang narapidana lainnya.

"Ini kita kurang lebih 200 sampai 300 orang untuk masa pengenalam lingkungan. Karena kita kapasitas 1.100 dihuni oleh 4.300 sekian orang," jelas Oga.

Setelah menjalani masa orientasi, lanjut Oga, kemudian Ahmad Dhani akan ditempatkan di kamar tahanan.

"Nanti setelah dari masa orientasi kita lihat agar tidak nanti bersinggungan dengan yang lain. Baru setelah itu kita letakkan di kamar," jelas Oga.

Seperti diketahui, Ahmad Dhani ditahan usai divonis 1,5 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan karena kasus ujaran kebencian.

Ahmad Dhani menghadiri sidang pembacaan putusan untuk kasus ujaran kebencian yang menjeratnya di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Ampera Raya, Senin (28/1/2019).
Ahmad Dhani menghadiri sidang pembacaan putusan untuk kasus ujaran kebencian yang menjeratnya di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Ampera Raya, Senin (28/1/2019). (Kompas.com/Tri Susanto Setiawan)

Hakim Ketua Ratmoho menjatuhkan vonis hukuman penjara selama satu tahun enam bulan kepada terdakwa Ahmad Dhani.

Ratmoho juga meminta jaksa untuk segera melakukan penahanan terhadap Ahmad Dhani.

Ahmad Dhani Diperlakukan Biasa, Sama dengan 4.300 Tahanan Rutan Cipinang

Adapun tuntutan majelis hakim lebih rendah dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) yang menuntut Dhani dihukum dua tahun penjara.

Hakim menilai Ahmad Dhani melanggar Pasal 45A Ayat 2 juncto Pasal 28 Ayat 2 Undang Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik juncto Pasal 55 Ayat 1 KUH. (*/kompas.com)

 

Editor: ton
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved