Nicolas Maduro Perintahkan Tutup Kedutaan dan Semua Konsulatnya di AS

Presiden Venezuela Nicolas Maduro memerintahkan penutupan Kedutaan Besar Venezuela dan semua kantor konsulatnya di AS.

Nicolas Maduro Perintahkan Tutup Kedutaan dan Semua Konsulatnya di AS
Aljazeera
Kerusuhan yang terjadi di Caracas 

TRIBUNJOGJA.COM, CARACAS – Presiden Venezuela Nicolas Maduro memerintahkan penutupan Kedutaan Besar Venezuela dan semua kantor konsulatnya di AS.

“Saya putusakan tutup kedutaan dan semua kantor konsulat kita di AS,” kata Maduro kepada stasiun televise VTV8, milik Mahkamah Agung Venezuela, Jumat (25/1/2019) WIB.

Presiden Bolivia Dukung Maduro, Bergandengan Lawan Intervensi AS

Tuduh Trump Jalankan Kudeta di Venezuela, Maduro Putuskan Hubungan dengan AS

Parlemen Venezuela Serukan Anggota Militer Melawan Presiden Maduro

Langkah awal, Maduro telah menghentikan layanan kekonsuleran di Kedubes Venezuela di negeri Paman Sam. Hubungan diplomatik kedua negara kini mencapai titik terendah.

Maduro menyambut baik saran Meksiko dan Uruguay, yang memintanya berdialog mengatasi krisis politik negaranya akibat intervensi negara asing.

Video pilihan:

Presiden AS Donald Trump Rabu lalu menyatakan pengakuannya atas Juan Guaido, yang mengklaim diri sebagai Presiden Venezuela.

Sikap Trump ini diikuti sejumlah pemimpin negara Amerika Selatan, seperti Argentina, Brazil, Kanada, Chile, Kostarika, Ekuador, Honduras, Georgia, Paraguay, Meksiko, Guatemala, Peru, dan Kolombia.

Sebaliknya, sejumlah negara besar lain mendukung Maduro. Kuba, Bolivia, bersama China, Rusia, Turki, dan Suriah menyatakan solidaritasnya untuk Nicolas Maduro, sebagai presiden yang sah.

Presiden Prancis Emanuel Macron secara tersirat menyatakan mendukung demokratisasi di Venezuela. Ini bisa ditafsirkan ia mendukung kebijakan ala AS.

Atas tekanan itu, Maduro memutuskan hubungan diplimatiknya dengan Washington. Ia memberi waktu 72 jam kepada semua diplomat AS untuk meninggalkan Caracas.

Halaman
12
Penulis: xna
Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved