Kabupaten Magelang

Longsor Tutup Akses Jalan Borobudur-Kalibawang, Petugas Gabungan Lakukan Pembersihan Manual

Longsor Tutup Akses Jalan Borobudur-Kalibawang, Petugas Gabungan Lakukan Pembersihan Manual

Longsor Tutup Akses Jalan Borobudur-Kalibawang, Petugas Gabungan Lakukan Pembersihan Manual
Tribun Jogja/ Rendika Ferri Kurniawan
Petugas gabungan dari BPBD Kabupaten Magelang, TNI, Polri, relawan dan masyarakat melakukan pembersihan material longsor yang menutup akses jalan Borobudur-Kalibawang di lokasi longsor di Dusun Sambeng II, Desa Sambeng, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jumat (25/1/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM - Petugas gabungan dari BPBD Kabupaten Magelang, TNI, Polri, relawan dan masyarakat melakukan pembersihan terhadap material longsor yang menutup akses jalan Borobudur-Kalibawang, Jumat (25/1/2019).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edy Susanto, mengatakan, longsor sendiri terjadi pada Kamis (24/1/2019) sekitar pukul 19.00 WIB tepatnya di Dusun Sambeng II, Desa Sambeng, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Tebing setinggi 15 meter dengan panjang lima meter longsor, sehingga material longsoran dengan ketebalan dua meter menutup akses jalan Borobudur – Kalibawang dan menutup akses jalan menuju ke Dusun Kedungan, Desa Sambeng, Kecamatan Borobudur.

Baca: Cuaca Ekstrem, Warga Bantul Diminta Waspada Potensi Adanya Bencana Hedrometeorologi

Baca: Kisah Sucianti Temukan Bayinya yang Terkubur Lumpur, Berlari Diguyur Hujan Hindari Kejaran Longsor

"Hujan dengan intensitas sedang - lebat sudah terjadi di wilayah Kecamatan Borobudur sejak pukul 14.00 WIB sehingga menyebabkan tebing yang ada di pinggir jalan Borobudur-Kalibawang longsor dan menutup akses jalan tersebut," ujar Edy, Jumat (25/1/2019).

Segera setelah longsor terjadi, pukul 21.11 WIB petugas mendeteksi masih berpotensi terjadi longsoran susulan yang disebabkan masih ada pergerakan tanah. Petugas gabungan pun memutuskan membersihkan material longsor, Jumat (25/1/2019) pagi ini.

Kendati demikian, upaya pembersihan masih menggunakan cara manual. Puluhan warga dibantu relawan bencana, BPBD Kab Magelang, TNI-Polri membersihkan material menggunakan alat seadanya seperti senggrong dan sekop. (tribunjogja)

Penulis: rfk
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved