Yogyakarta

Bappeda DIY Targetkan Penurunan Kemiskinan di Tahun 2022

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY menargetkan angka penurunan angka kemiskinan hingga 7 persen di tahun 2022 mendatang.

Bappeda DIY Targetkan Penurunan Kemiskinan di Tahun 2022
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY menargetkan angka penurunan angka kemiskinan hingga 7 persen di tahun 2022 mendatang.

Beberapa langkah taktis untuk penurunan kemiskinan itu diantaranya adalah perbaikan atau updating data penerima program pengentasan kemiskinan.

Kepala Bappeda DIY, Budi Wibowo menjelaskan, angka kemiskinan per September tahun 2018  di DIY mencapai 11,88  persen.

Sementara, pihaknya menargetkan penurunan angka kemiskinan sampai 2022 sebesar 7 persen.

“Untuk mencapai angka itu, kami melakukan perbaikan data dengan Pusdatin Kemensos,” jelasnya pada Tribunjogja.com, Selasa (22/1/2019). 

Baca: Lebarkan Sayap, Naavagreen Akan Buka Cabang Baru di Bintaro dan Jambi

Pihaknya juga akan melakukan intervensi terhadap  mereka yang benar-benar berada di bawah garis kemiskinan, atau dalam kategori Desil 1 sampai dengan 4.

Untuk yang termasuk dalam Desil 5 sampai dengan 10 tidak perlu diintervensi oleh pemerintah.

“Hanya saja,  ternyata mereka masih mendapatkan. Perbaikan data atau updating data tersebut harus sesuai dengan SOP yang ditetapkan,” urainya.

Budi menambahkan, beberapa program pengentasan kemiskinan yang dilakukan oleh pihaknya antara lain adalah program pemberdayaan masyarakat melalui desa-desa budaya dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan secara terpadu oleh multi sektor.

Baca: Raperda Penanggulangan Kemiskinan DIY Ditarget Selesai Triwulan I

Kepala Dinas Sosial DIY, Untung Sukaryadi menjelaskan, sampai saat ini masyarakat miskin yang mendapat BPNT ada sebanyak 317.030 keluarga.

Halaman
12
Penulis: ais
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved