Breaking News:

Kulon Progo

Siapkan Tenaga Kerja Bandara NYIA, BLK Kulon Progo Direvitalisasi

Upaya mencetak SDM berkompeten tengah digencarkan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo untuk menyambut hadirnya Bandara NYIA.

IST
Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Upaya mencetak sumber daya manusia (SDM) berkompeten tengah digencarkan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo untuk menyambut hadirnya New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Temon.

Balai Latihan Kerja (BLK) setempat direvitalisasi dengan penambahan pelatihan bidang kebandarudaraan.

Bupati Kulon Progo, Hasto Wardoto mengatakan bentuk pelatihan di BLK selama ini cenderung berjalan biasa saja dengan pelatihan reguler seperti teknisi, kuliner, bahasa, dan komputer.

Namun, sejak 2018, revitalisasi dilakukan dan pelatihannya mulai bergeser kepada materi kebandarudaraan.

Di antaranya pelatihan staf kargo, layanan tiket dan pemesanan, layanan kebersihan, dan lainnya.

Baca: Lebarkan Sayap, Naavagreen Akan Buka Cabang Baru di Bintaro dan Jambi

Hal ini lantaran kebutuhan tenaga kerja di NYIA sangat besar sehingga Pemkab menginginkan BLK mampu mencetak SDM berkompeten dalam keahlian terkait.

"Fasilitasnya sekarang sudah lebih baik dibanding 3 tahun lalu dan sesuai standar. SDM yang dicetak BLK Kulon Progo ke depan diharapkan bisa menyokong kebutuhan tenaga kerja di bandara," kata Hasto pada Tribunjogja.com, Senin (21/1/2019).

Ia menyebut bahwa BLK saat ini sangat produktif melatih tenaga kerja dan pada 2018 tercatat ada 2.085 orang ikut pelatihan.

Jumlah tersebut terbilang cukup besar dan perlu diarahkan untuk bisa fokus mengisi kebutuhan tenaga kerja di bandara.

Untuk menunjang pelatihan di BLK, Pemkab Kulon Progo juga berencana mengembangkan sarana dan prasarana dengan memanfaatkan lahan seluas satu hektar di belakang lokasi balai saat ini.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved