Breaking News:

Pembangunan Bandara NYIA

Progres Pembangunan Bandara NYIA Capai 30,2 Persen, Runway Siap 100 Persen Februari Mendatang

Progres Pembangunan Bandara NYIA Capai 30,2 Persen, Runway Siap 100 Persen Februari Mendatang

Penulis: Alexander Aprita | Editor: Hari Susmayanti
Tribun Jogja/ Alexander Ermando
General Manager PT Angkasa Pura 1 Cabang Yogyakarta, Agus Pandu Purnama 

Laporan Reporter Tribun Jogja Alexander Ermando

TRIBUNJOGJA.COM - General Manager PT Angkasa Pura (AP) 1 Yogyakarta, Agus Pandu Purnama melaporkan  progres pembangunan NYIA hingga hari ini sudah mencapai 30,2 persen.

Ia juga menyebut bahwa pada 24 Januari ini, pembangunan sisi udara bandara sudah mencapai tahap pengaspalan pada landasan pacu.

"Akhir Februari nanti, landasan pacu, parallel taxiway, serta apron yang mampu menampung 23 parkir pesawat sudah siap digunakan," jelas Pandu di Kantor PT AP 1, Senin (21/01/2019).

Pandu optimis April nanti NYIA sudah bisa beroperasi meski secara terbatas. Nantinya seluruh penerbangan internasional akan dipindahkan ke bandara baru tersebut.

Baca: Maskapai dengan Pramugari Berbikini Buka Rute Ho Chi Minh-Denpasar pada Maret 2019

6 penerbangan internasional berasal dari maskapai AirAsia dan Silk Air yang melayani tujuan Kuala Lumpur (Malaysia) dan Singapura.

"Jam operasionalnya kita rencanakan mulai dari pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB," ungkap Pandu.

Menurutnya, jam operasional tersebut berdasarkan pihaknya yang mengebut pengerjaan bandara agar rampung sesuai target waktu yang ditentukan.

Berdasarkan kontrak proyek pembangunan, NYIA ditargetkan selesai seluruhnya di fase pertama pada Juli 2020. Namun AP 1 mengejar agar bandara tersebut rampung pada akhir 2019 nanti.

Baca: AP 1 Yogyakarta Buka Pelatihan Pengunaan Baggage Towing Tractor Bagi Warga Terdampak NYIA

"Sebab kebutuhan kita sudah sangat mendesak, mengingat bandara Adisutjipto sudah begitu padat. Akhir tahun kemarin saja kami mencatat ada 8,4 juta penumpang. Sedangkan kapasitas Adisutjipto hanya 1,4 juta penumpang per tahun," papar Pandu.

Ia menambahkan, pada saat pengoperasian secara terbatas di April nanti, luas terminal yang akan digunakan sementara akan mencapai sekitar 12,900 m2.

"Kira-kira luasnya sama dengan Terminal A Bandara Adisutjipto saat ini," kata Pandu.(tribunjogja)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved