Krisis Suriah

Jet Tempur Israel Kembali Lancarkan Serangan Rudal ke Damaskus

Pasukan udara Israel kembali melancarkan serangan rudal ke sasaran-sasaran di sekitar Damaskus, ibukota Suriah, Senin (21/1/2019) dini hari.

Times of Israel
Pesawat Tempur F-15 Militer Israel 

TRIBUNJOGJA.COM, DAMASKUS – Pasukan udara Israel kembali melancarkan serangan rudal ke sasaran-sasaran di sekitar Damaskus, ibukota Suriah, Senin (21/1/2019) dini hari.

Serangan rudal itu lagi-lagi berhasil dipatahkan pasukan pertahanan udara Suriah. Ledakan keras terdengar saat artileri udara Suriah mencegat rudal Israel dan meledak di udara.  

Ini serangan kedua Israel dalam kurun waktu 24 jam terakhir. Israel mengklaim mereka menargetkan sasaran basis-basis pasukan Al Quds Iran. Salah satunya berlokasi di kawasan Bandara Internasional Damaskus.

Suriah Kembali Gagalkan Serangan Rudal Israel ke Bandara Damaskus

Menurut televisi Suriah dikutip Sputniknews, serangan udara itu dilancarkan dari teritori Lebanon, yang berbatasan langsung dengan Suriah di selatan.

Diwartakan sebelumnya, pasukan Artileri Pertahanan Udara Suriah berhasil mematahkan serangan rudal Israel yang mengincar sasaran di sekitar Damaskus, Minggu (20/1/2019) siang.

Enam peluru kendali yang diluncurkan Israel, dihancurkan rudal penangkis Buk, dari system Pantsir. Tidak dilaporkan terjadi kerusakan akibat serangan udara armada tempur Israel ini.

Rekaman Mencekam Teriakan Pilot Israel Saat Kanopi Jet Tempur F-15 Tiba-tiba Terlepas di Udara

Serangkaian ledakan terdengar di Damaskus. Namun belum diperoleh secara mendetail titik-titik sasaran yang diincar Israel. Selama ini, Israel mengklaim menargetkan instalasi Iran yang berada di wilayah Suriah.

“Sistem pertahanan kami berhasil mematahkan serangan udara Israel di wilayah selatan. Semua rudal yang diluncurkan bisa dicegat. Tidak ada satupun yang mengenai sasaran,” kata sumber militer dikutip Sputniknews.

Menurut sumber militer Rusia, serangan rudal itu dilepaskan Israel dari jet tempurnya yang beroperasi di Laut Tengah. “Infrastruktur bandara Damaskus tidak ada yang rusak,” kata sumber militer Rusia di Damaskus.

Israel Punya Lima Senjata Paling Mematikan, Ada yang Mampu Tembakkan 600 Amunisi per Menit

Siaran televise Ikhbariya melaporkan, baterai rudal arhanud Suriah menembakkan belasan rudal guna mencegat serangan udara musuh. Minggu pagi, dilaporkan terdengar ledakan keras juga di sebuah jalan di pinggiran Damaskus.

Pada 11-12 Januari 2019, jet tempur Israel menggelar serangan jarak jauh, mengincar target di sekitar Bandara Damaskus. Sejumlah kecil bagian bangunan bandara rusak. Sebagian besar serangan berhasil dipatahkan.

Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu menegaskan, Israel tetap akan menyerang target-target Iran, sepanjang mereka tidak angkat kaki dari negeri itu. Target itu meliputi depot militer dan senjata Iran di area Bandara Damaskus.(Tribunjogja.com/ Sputniknews/xna)

Penulis: Setya Krisna Sumargo
Editor: Mona Kriesdinar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved