Pendidikan

SD Tarakanita Bumijo Ajak Siswa Bela Rasa Melalui Baksos

Bakti sosial bukan hanya sebagai ungkapan syukur saja, tetapi juga implementasi dari pendidikan karakter, khususnya bela rasa.

SD Tarakanita Bumijo Ajak Siswa Bela Rasa Melalui Baksos
TRIBUNJOGJA.COM / Christi Mahatma Wardhani
Warga sekitar Bumijo mengikuti pemeriksaan kesehatan dalam bakti sosial di SD Tarakanita Bumijo, Sabtu (19/1/2019). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA- Memperingati Natal dan ungkapan syukur, SD Tarakanita Bumijo menggelar bakti sosial.

Wakil Kepala Sekolah bagian Humas dan Sarpras SD Tarakanita, Cyrillus Riyawan mengatakan, bakti sosial bukan hanya sebagai ungkapan syukur saja, tetapi juga implementasi dari pendidikan karakter, khususnya bela rasa.

"Tadi pagi ada natalan dengan ibadat bersama frater. Lalu anak-anak juga diajak bermain di beberapa pos. Dan ada bakti sosial. Bakti sosial ini kami laksanakan rutin pertahun. Bakti sosial ini meliputi penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan, dan pembagian sembako," katanya saat ditemui Tribunjogja.com di SD Tarakanita Bumijo, Sabtu (19/1/2019).

"Baksos ini juga merupakan wujud nyata dari pendidikan karakter, yaitu compassion atau bela rasa. Salah satunya dengan berbagi dengan warga sekitar. Itu yang mau kita tanamkan pada anak-anak," sambungnya.

Ia melanjutkan siswa kelas I hingga VI dilibatkan langsung dalam proses bakti sosial.

Menurutnya ketika siswa dilibatkan secara langsung, siswa dapat lebih memaknai bela rasa.

"Anak-anak dilibatkan langsung, dari kelas I sampai VI, mereka mengumpulkan sendiri bahan sembako. Selama proses bakti sosial anak-anak juga dilibatkan. Ada dokter kecil yang membantu dalam pemeriksaan kesehatan. Ada juga anak-anak yang membantu dalam pembagian sembako," lanjutnya.

Kepala Sekolah SD Tarakanita Bumijo, Asteria Rinawati menambahkan bakti sosial merupakan satu di antara nilai yang diteladani dari Santo pelindung yayasan Tarakanita, yaitu Santo Carolus Boromeus.

Santo Carolus Boromeus merupakan Santo yang peduli dengan orang-orang kecil.

Halaman
12
Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved