Nasional

KPPIP Targetkan 30 PSN Rampung di 2019

Sejak dibentuk pada 2016 lalu hingga pada 2018 kemarin, KPPIP telah menyelesaikan sejumlah proyek PSN dengan nilai investasi sebesar Rp320 triliun.

KPPIP Targetkan 30 PSN Rampung di 2019
TRIBUNJOGJA.COM / Yosef Leon
Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Wahyu Utomo memberikan keterangan kepada wartawan dalam pembahasan Proyek Strategis Nasional, Sabtu (19/1/2019) malam di Filosofi Kopi, Sleman, DIY. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Kementerian Koordinator Bidang Ekonomi, berupaya untuk terus menggenjot infrastruktur pembangunan yang tergabung dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

Dari informasi yang dihimpun Tribunjogja.com, sejak dibentuk pada 2016 lalu hingga pada 2018 kemarin, KPPIP telah menyelesaikan sejumlah proyek PSN dengan nilai investasi sebesar Rp320 triliun.

"Tahun 2016 lalu ada 20 proyek yang usai kita laksanakan dengan nilai Rp 33 triliun, kata Wahyu Utomo, Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Sabtu (19/1/2019) malam kepada wartawan di Filosofi Kopi, Sleman.

Kemudian pada 2017, nilai investasi meningkat hampir sebanyak dua kali lipatnya menjadi Rp61 triliun dengan total penyelesaian proyek mencapai 10.

Baca: Lebarkan Sayap, Naavagreen Akan Buka Cabang Baru di Bintaro dan Jambi

Pada tahun selanjutnya, pihaknya juga berhasil mensukseskan sejumlah 32 proyek dengan investasi mencapai Rp225 triliun.

"Beberapa proyek itu misalnya seperti sejumlah jalan tol, kereta api, bendungan, pembangunan sentra kelautan dan perikanan terpadu, serta kereta api ekspres, serta beberapa proyek lain," ujarnya.

Wahyu melanjutkan, untuk periode kuartal III 2019 ini pihaknya menargetkan akan mampu menyelesaikan sejumlah 30 proyek dengan total investasi Rp 276 triliun.

Baca: Menko Perekonomian Pastikan Proyek NYIA Kulon Progo Sesuai Target

"Catatan kami sampai pada Desember 2018 ada 32 proyek yang tengah dalam tahap proses dan telah beroperasi sebagian," tambahnya.

Dijelaskan, sekitar 52 proyek akan mulai beroperasi setelah 2019 mendatang, 6 proyek dalam tahap transaksi, serta 53 proyek serta satu program industri pesawat sedang dalam tahap persiapan.

"Kita akan upayakan agar 53 proyek itu akan bisa masuk dalam tahap konstruksi pada kuartal III ini, salah satunya tol Jogja-Bawen yang juga akan kita usahakan bisa masuk dalam tahapan transaksi," katanya. (*)

Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved