CEK FAKTA Debat Capres: Benarkah Klaim Jokowi soal Bonus untuk Atlet Asian Para Games?

Jokowi mengklaim bahwa pemerintahannya memperhatikan disabilitas dengan memperlihatkan prestasi yang diraih atlet difabel dalam Asian Para Games

CEK FAKTA Debat Capres: Benarkah Klaim Jokowi soal Bonus untuk Atlet Asian Para Games?
Kompas.com
Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 1, Joko Widodo dan Maruf Amin, menyampaikan visi misi di debat pertama Pilpres 2019 di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019) 

TRIBUNJOGJA.COM - Calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo mengklaim bahwa pemerintahannya memperhatikan kalangan disabilitas dengan memperlihatkan prestasi yang diraih atlet difabel dalam Asian Para Games 2018.

Menurut Jokowi, besaran bonus yang diberikan kepada atlet Asian Para Games 2018 sama dengan bonus yang diberikan pada atlet-atlet di laga Asian Games 2018, tanpa ada diskriminasi.

Baca: CEK FAKTA Debat Capres: Prabowo Sebut Jawa Tengah Lebih Luas dari Malaysia, Benarkah?

Jokowi menyebut, setelah pergelaran Asian Para Games 2018 pemerintah memberi bonus yang sama dengan atlet yang berlaga di Asian Games 2018.

"Misalnya, yang mendapatkan emas dapat Rp 1,5 miliyar, yang mendapat perak bisa kita berikan bonus Rp 500 juta, yang dapat perunggu kita berikan Rp 250 juta, sama seperti atlet-atlet yang berlaga di Asian Games,” kata Jokowi.

Benarkah pernyataan tersebut?

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pemuda dan Olahraga Nomor 63 Tahun 2018, atlet peraih emas untuk tunggal mendapat Rp 1,5 miliar, untuk ganda Rp 1 miliar, dan beregu Rp 750 juta.

Pernyataan Paslon dalam Debat Capres akan Dibandingkan dengan Fakta Sesungguhnya

Tidak hanya peraih medali emas, peraih perak dan perunggu juga mendapatkan bonus.

Peraih perak untuk tunggal mendapat Rp 500 juta, ganda Rp 400 juta, beregu Rp 300 juta.

Sedangkan peraih perunggu untuk tunggal Rp 250 juta, ganda Rp 200 juta, dan beregu Rp 150 juta.

Selain itu, atlet Asian Para Games 2018 peraih medali emas juga punya peluang menjadi PNS atau bekerja di BUMN. (Luthfia Ayu Azanella)

.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "CEK FAKTA: Klaim Jokowi soal Bonus untuk Atlet Asian Games"

Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved