Lifestyle

Hadirkan Koleksi Baru, Sogan Batik Launcing Kain Batik 'Becik'

Awal tahun ini, Sogan Batik mempersembahkan motif batik terbaru yang diilhami dari kearifan lokal bermotif 'Becik'

Hadirkan Koleksi Baru, Sogan Batik Launcing Kain Batik 'Becik'
Istimewa
Awal tahun ini, Sogan Batik mempersembahkan motif batik terbaru yang diilhami dari kearifan lokal bermotif 'Becik' 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM - Keindahan seni batik di Yogyakarta terus tumbuh dan berkembang dengan munculnya ide-ide kreatif untuk melestarikan warisan dunia ini.

Awal tahun ini, Sogan Batik mempersembahkan motif batik terbaru yang diilhami dari kearifan lokal bermotif 'Becik'

Batik ini menggunakan kombinasi antara 1 batik tulis dan 2 batik cap.

Owner Sogan Batik Iffah M Dewi menyampaikan, batik ini terinspirasi dari rumah kuno berbentuk limasan khas Jawa yang dibangun pada awal tahun 1900-an.

"Kami mengangkat cerita tentang cita-cita kami berkegiatan di rumah kami di Dusun Rejodani, Sleman dan nilai nilai kebaikan yang kami munculkan sebagai pengingat diri dan pemakai kreasi kami nantinya," ujarnya pada Rabu (16/1/2019).

Baca: Sejumlah Faktor dan Alasan Ikan Koi Dihargai Mahal, Bahkan Ada yang Hingga Puluhan Miliar Rupiah

Batik tulis bermotif 'Becik' ini mengandung arti baik yang menggambarkan rumah limasan dengan beberapa pohon, buah sawo dan bunga di sekitarnya.

"Istilah yang diambil dari kata 'sarwo becik' artinya adalah 'serba baik' merupakan harapan dan cita cita agar penghuni rumah ini selalu dijaga dalam ketaqwaan dan bisa menebarkan manfaat kepada sesama," lanjutnya.

Lanjut Iffah, batik cap motif Sipat ini terinspirasi dari daun sirih, daun dengan beragam manfaat, yakni empat daun sirih menggambarkan nasehat, empat akhlaq yakni menutup aib, menjaga silaturrahim, memaafkan, mendamaikan perselisihan.

Baca: Hati-hati! Unggahan dan Status Bermuatan Ancaman di Media Sosial Bisa Dipidanakan

Sementara batik cap motif Aman terinspirasi dari bentuk canthing dan kepala canthing yang berbentuk sayap yang bermakna sebuah harapan.

Ada beberapa model batik bertajuk 'Becik' ini, di antaranya Limasan Dress, Andhap Asor Skirt, Miduro Tunik, Nayaka Blazer, Gawe Dress, Urip Urup Dress dan Rashid Kemeja.

Motif Sogan Batik kali ini berbeda dengan koleksi motif-motif sebelumnya, namun motif 'Becik' masih dengan ciri khas Sogan Batik yang dominan berwarna hitam.

"Kami masih konsisten dengan 'every piece tells a story'. Kali ini berbeda karena menggunakan aplikasi motif dengan gambar yang terkesan lucu dan kekanakan, berupa rumah, pohon dan aksara jawa," kata dia. (tribunjogja)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved