Internasional

Kelompok Al Shabab Somalia Klaim Serangan di Nairobi

Kelompok Al Shabab Somalia mengklaim sebagai pelaku serangan ke sebuah hotel di Nairobi, Kenya.

Kelompok Al Shabab Somalia Klaim Serangan di Nairobi
ist
Ilustrasi terorisme 

TRIBUNJOGJA.COM  – Kelompok Al Shabab Somalia mengklaim sebagai pelaku serangan ke sebuah hotel di Nairobi, Kenya.

Operasi teror itu sebagai respon pengadilan kasus serangan Westgate Mall yang menewaskan 67 orang beberapa tahun lalu.

“Kami yang melakukan itu,” kata seorang juru bicara Al Shabab kepada stasiun televisi Al Jazeera. Laman Daily Mail juga melansir klaim yang sama dari Al Shabab.

“Serangan sedang berlangsung. Kami akan memberikan detailnya nanti,” lanjut Abdiasis Abu Musab, juru bicara operasional Al Shabab.

Serangan mengincar komplek hotel dan perkantoran Dusit D2 di pusat kota Nairobi. Di lokasi terdapat kantor-kantor bank dan berbagai perusahaan multinasional.  

Baca: BREAKING NEWS : Ledakan dan Baku Tembak Terjadi di Sebuah Hotel di Kenya

Dilaporkan sekurangnya satu orang tewas, delapan luka-luka. Pihak keamanan Nairobi menyebut pelaku masih berkeliaran di dalam komplek Riverside Drive.

Operasi perburuan pelaku sedang berlangsung. Saksi mata menyebut setidaknya ada dua orang berpenutup muka, menenteng senjata api masuk ke gedung dan melepaskan tembakan.

Diberitakan sebelumnya, dua ledakan keras dan suara tembakan terdengar di sebuah hotel dan komplek perkantoran di Nairobi, ibukota Kenya, Selasa (15/1/2019) sore.

Polisi dan tentara sudah berdatangan mengepung hotel tersebut. Puluhan wartawan lokal maupun internasional memantau jalannya operasi keamanan ini. Daily Mail menggelar siaran langsung dari lokasi kejadian.

Dari siaran langsung itu, para petugas berusaha mengevakuasi orang yang berada di hotel dan gedung perkantoran terdekat. Mobil pemadam kebakaran juga terlihat masuk dan menyiapkan tindakan yang diperlukan.

Saksi mata pekerja di dekat hotel Dusit mengaku mereka diserang. “Kami diserang,” katanya dikutip Reuters. Siaran televise local menunjukkan bubungan asap dari komplek hotel. Belum diketahui apakah asap dari ledakan atau kebakaran.

Kepala Kepolisian Nairobi, Philip Ndolo, mengatakan mereka tengah melakukan tindakan di kawasan tersebut terhadap pelaku kriminal. Kabar pertama yang beredar, peristiwa ini aksi perampokan.(Tribunjogja.com/ Aljazeera/DailyMail/xna)  

Penulis: xna
Editor: has
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved