Breaking News:

Yogyakarta

Juki 'Kill The DJ' Laporkan Kasus Dugaan Pelanggaran Hak Cipta Lagu 'Jogja Istimewa'

Ia pun tidak akan menggunakan lagu itu untuk kampanye, sebab lagu 'Jogja Istimewa' mempunyai nilai sejarah yang luar biasa baginya.

TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Marzuki Mohamad atau Juki Kill The DJ (kanan) pencipta lagu 'Jogja Istimewa' pada Selasa (15/1/2019) melaporkan akun media sosial yang menggunggah video yang menyanyikan lagu ciptaannya untuk kepentingan kampanye Pasangan Prabowo-Sandi. 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Marzuki Mohamad atau Juki Kill The DJ pencipta lagu 'Jogja Istimewa' melaporkan akun media sosial yang menggunggah video yang menyanyikan lagu ciptaannya untuk kepentingan kampanye Pasangan Prabowo-Sandi.

Juki menuturkan, dirinya tidak terima apabila lagu 'Jogja Istimewa' tersebut digunakan untuk kampanye, baik untuk pasangan Jokowi-Amin maupun Prabowo-Sandi.

"Kasus seperti ini bukan sekali dua kali bahkan saya pernah mensomasi Pemprov DIY, Dinas Kebudayaan, karena menggunakan lagu itu tanpa izin," ujar Juki saat melapor ke Polda DIY pada Selasa (15/1/2019).

Lanjut Juki, pelaporan atas plagiat lagu tersebut sekaligus menjadi pendidikan bahwa hak-hak kekayaan intelektual seorang seniman harus tetap dijaga.

"Memang semua lagu saya terdaftar, jadi kalau ada apa-apa ya pasti seharusnya minta izin dulu," lanjutnya.

Juki mengaku keberatan sebab lagu 'Jogja Istimewa' digunakan untuk kepentingan kampanye politik.

Ia pun tidak akan menggunakan lagu itu untuk kampanye, sebab lagu 'Jogja Istimewa' mempunyai nilai sejarah yang luar biasa baginya.

Baca: Kill The DJ Rilis Lagu untuk AADC2

Seperti untuk membayar hutang rasa terhadap Yogyakarta yang ia cintai.

"Jadi saya tidak akan mengingkari nilai-nilai dan spirit lagu itu hanya untuk kampanye Pilpres. Pun di 2014 saya mendukung Jokowi tapi saya sama sekali tidak akan menggunakan lagu itu, mengotak-atik lagu itu. Saya sama sekali tidak akan mengijinkan lagu itu karena itu prinsip saya terhadap lagu Jogja Istimewa," ujar dia.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved