Gunungkidul

Bupati Gunungkidul Izinkan Pegawai Tengok Kondisi Anak di Jam Kerja. Ini Alasannya

Menurutnya para Kader PKK yang dapat menjangkau hingga tingkat RT dapat menjadi garda terdepan membangun ketahanan keluarga.

Bupati Gunungkidul Izinkan Pegawai Tengok Kondisi Anak di Jam Kerja. Ini Alasannya
TRIBUNJOGJA.COM / Wisang Seto P
Bupati Gunungkidul Badingah, saat melantik tim penggerak PKK di Bangsal Sewokoprojo, Selasa (15/1/2019). 

Laporan Reporter Tribunjogja Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM,GUNUNGKIDUL - Bupati Gunugkidul Badingah perbolehkan pegawai untuk menengok kondisi anak di saat jam kerja.

Hal tersebut dikemukakan disela-sela pelantikan tim penggerak PKK Gunungkidul periode 2018-2023 di Bangsal Sewokoprojo, Selasa (15/1/2019).

"Saya izinkan kalau itu merupakan bagian dari pengawasan anak karena sangat penting untuk mengontrol anak untuk tidak salah pergaulan," katanya.

Baca: Ikuti Kunker, Anggota PKK RT/RW Diminta Timba Ilmu Dari Daerah Lain

Badingah menuturkan, Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) menjadi pertahanan pertama dalam melindungi keluarga di tengah-tengah perkembangan dan informasi seperti saat ini.

Menurutnya perkembangan anak-anak ditengah-tengah perkembangan teknologi dan informasi yang sangat cepat anak-anak menjadi mudah terkontaminasi konten-konten yang berbau asusila.

"Saya pernah dilihatkan video tentang anak dan isinya membuat saya menangis, itu hanya salah satu contoh. Bahkan saya pada saat saya sholat tahajud pukul 03.00 saya masih melihat muda-mudi masih berkeliaran di luar rumah," ujarnya.

Hal tersebut menjadi pertanyaan di benak Badingah mereka yang masih nongkrong hingga dini hari mereka melakukan kegiatan apa, Badingah juga sempat menanyakan apa yang mereka lakukan tetapi saat itui dirinya ditinggal begitu saja.

"Perkembangan anak harus diawasi, sehingga tidak salah jalan. Saya berharap kepada kader-kader PKK dapat mensosialisasikan pentingnya ketahanan keluarga sesuai dengan program PKK," tegasnya.

Baca: Video Viral Seorang Anak Merengek dan Peluk Polisi setelah Motornya Kena Razia

Menurutnya para Kader PKK yang dapat menjangkau hingga tingkat RT dapat menjadi garda terdepan membangun ketahanan keluarga.

Ia juga meminta kepada kader PKK untuk membuat kebijakan terkait dengan pengawasan anak.

Sementara itu, Ketua tim penggerak PKK Gunugkidul Zultiyanti mengatakan saat ini arah emansipasi wanita sudah melenceng karena lebih banyak ibu-ibu yang memilih karir dibandingkan dengan tugas ibu sebagai pengasuh anak.

"Peran PKK sangat penting dalam menjaga ketahanan dan kesejahteraan keluarga. Selain itu harus membangun lagi peran orangtua khususnya ibu terhadap pentingnya pengasuhan anak," tutupnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved