Breaking News:

Pendidikan

KPCDI DIY Beri Edukasi Merawat Ginjal pada Siswa SMPN 1 Yogyakarta

Kegiatan edukasi ini diharapkan dapat berjalan rutin supaya anak-anak yang memahami pola hidup sehat dan terhindar dari penyakit ginjal.

Penulis: Noristera Pawestri | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Pengurus Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia (KPCDI) DIY memberikan edukasi kepada para puluhan siswa SMPN 1 Yogyakarta. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Untuk mengajak para siswa pentingnya menjaga ginjal dan menjalani pola hidup sehat sejak dini, Pengurus Komunitas Pasien Cuci Darah Indonesia (KPCDI) DIY memberikan edukasi kepada para siswa di SMPN 1 Yogyakarta pada Rabu (9/1/2019).

Edukasi bertajuk "Mari Rawat Ginjal Kita" tentang kesehatan ginjal ini menghadirkan narasumber Dokter Visit Unit Hemodialisa/Cuci Darah RS UGM, dr Budiarti Retno Noormaningrum.

Ketua KPCDI Cabang DIY, Sihani menuturkan edukasi ini pertama kalinya diberikan kepada siswa tingkat SMP.

Ke depan, egiatan ini akan menjadi program berkelanjutan KPCDI untuk melakukan edukasi ke sekolah-sekolah lain.

Baca: Musim Liburan, Pengelola Puri Mataram Optimis Target 50 Ribu Pengunjung Tercapai

"Sekarang ini penderita penyakit gagal ginjal kronis cendering lebih muda-muda usianya, jadi kita ingin memberikan edukasi supaya mereka bisa menjaga ginjalnya daei sekarang," ujar Sihani saat ditemui Tribunjogja.com.

Kegiatan edukasi ini diharapkan dapat berjalan rutin supaya anak-anak yang memahami pola hidup sehat dan terhindar dari penyakit ginjal.

Edukasi ini para siswa dikenalkan dengan fisiologis dan fungsi ginjal manusia.

"Kita beri edukasi bagaimana menjaga pola makan dan apa yang harus diwaspadai untuk tanda-tanda penyakit ginjal," lanjutnya.

Baca: 9 Jenis Makanan Sehat yang Sesuai Bagi Penderita Gangguan Ginjal

Sementara itu, dr Budiarti Retno Noormaningrum menambahkan, penyebab gagal ginjal paling banyak disebabkan karena penyakit kronis seperti diabetes melitus maupun tensi tinggi.

"Pasien muda sekarang trennya pola hidup tidak sehat konsumsi makanan tidak sehat minuman dan makanan pengawet yang sering kali memicu terjadi gagal ginjal pada usia lebih muda," kata dia.

Lanjutnya, ginjal dalam tubuh memiliki banyak fungsi, diantaranya mengatur keseimbangan cairan yang tidak bisa dikelola oleh tubuh.

Baca: Awas, 7 Kebiasaan Ini Bisa Memicu Kerusakan Ginjal

"Ginjal juga berperan dalam pembentukan sel darah merah, kalau ada masalah pada ginjal, menjadi anemia gejala lemas gampang lelah," imbuhnya.

Rida Hanum, siswa kelas VIII SMPN 1 Yogyakarta menuturkan, edukasi ini sangat membantu dan merawat ginjalnya.

"Saya berharap acara ini terus dilakukan di sekolah-sekolah, supaya siswa sadar peduli dan tahu pentingnya ginjal," kata Hanum. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved