Rekaman Mencekam Teriakan Pilot Israel Saat Kanopi Jet Tempur F-15 Tiba-tiba Terlepas di Udara

Beberapa saat kemudian, komunikasi mereka berubah menjadi situasi sangat mencekam yang diwarnai teriakan-teriakan kepanikan.

Times of Israel
Pesawat Tempur F-15 Militer Israel 

TRIBUNJOGJA.com - Dua penerbang tempur militer Israel (IDF) saat itu berada di tengah sesi latihan pekan lalu ketika kanopi jet tempur F-15 mereka tiba-tiba terlepas. Saat peristiwa terjadi, mereka sedang berada di tinggian 30.000 kaki.

Rekaman audio kecelakaan itu dirilis pada hari Senin (7/1/2019) oleh para pejabat.

Video berdurasi hampir dua menit ini awalnya dimulai dengan pembicaraan pilot yang sedang mendiskusikan ketinggian pesawat.

Beberapa saat kemudian, komunikasi mereka berubah menjadi situasi sangat mencekam yang diwarnai teriakan-teriakan kepanikan. Saat itulah, kanopi jet tempur F-15 terlepas dari pesawat.

Selama beberapa detik, kedua pilot terdengar berteriak di tengah suara angin kencang.

Menurut Times of Israel, pada saat kanopi lepas, pilot menghadapi suhu luar -49 derajat Fahrenheit. Mereka hanya mengandalkan masker oksigen sehingga mereka masih bisa bernafas.

Beberapa saat kemudian, pilot itu terdengar mampu menguasai keadaan.

Setelah mendapatkan kembali ketenangannya, pilot, yang hanya diidentifikasi oleh para pejabat sebagai Kapten Y, dapat didengar pada rekaman yang berusaha berkomunikasi dengan rekannya, Letnan 1 R, sebelum kemudian melakukan panggilan pengontrol penerbangan di darat.

"Aku mendengarmu, apakah kau mendengarku? Aku akan mendarat di pangkalan terdekat tanpa kanopi. Konfirmasikan itu," kata pilot kepada rekannya.

Setelah keduanya memastikan bahwa mereka baik-baik saja, operator menara kontrol dihubungi untuk mengonfirmasi bahwa jet tempur akan melakukan "pendaratan langsung" di pangkalan udara Nevatim dekat Be'er Sheva.

Halaman
1234
Penulis: Mona Kriesdinar
Editor: Mona Kriesdinar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved