MPM PP Muhammadiyah Dorong Pemberdayaan Penyandang Disabilitas

MPM PP Muhammadiyah dengan komunitas penyandang disabditas di Yogya telah berhasil mendorong terwujudnya peraturan daerah

MPM PP Muhammadiyah Dorong Pemberdayaan Penyandang Disabilitas
Tribun Jogja/ Noristera Pawestri
MPM PP Muhammadiyah menggelar Outlook MPM for Indonesia 2019 di Grha Suara Muhammadiyah Yogyakarta 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PP Muhammadiyah mendorong berbagai pihak dalam pelaksanaan pembangunan untuk pemberdayaan penyandang disabilitas menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals(SDG's).

Di tingkat daerah khususnya di DIY sejak tahun 2014, MPM PP Muhammadiyah didukung dengan komunitas penyandang disabditas di Yogyakarta telah berhasil mendorong terwujudnya peraturan daerah Perda tentang disabilitas.

Ketua MPM PP Muhammadiyah, Nurul Yamin menyampaikan, namun belum semua pemerintah daerah memiliki Perda yang terkait dengan perlindungan disabilitas, termasuk implementasinya.

"Lima kabupaten dan kota di DIY sudah disahkan Perda disabilitas. Harapanya (Perda Disabilitas) bisa direplikasi oleh teman di daerah-daerah di seluruh Indonesia," ujar Yamin pada Selasa (8/1/2019).

Yamin mengatakan, MPM PP Muhammadiyah juga telah melakukan aktivitas terkait dengan pendekatan secara struktural maupun pendampingan.

"Karena fokus pemberdayaan yang dilakukan MPM adalah penyandang disabilitas," ucapnya disela-sela acara “Outlook MPM for Indonesia 2019” di Grha Suara Muhammadiyah Yogyakarta

Sebagai wujud dukungan implementasi SDG's berperspektif disabilitas, dalam dua tahun ke depan MPM PP Muhammadiyah akan mengawal proses perencanaan pembangunan di tingkat kabupaten di Yogyakarta untuk melakukan perencanaan pembangunan yang berkelanjutan yang berperspektif disabilitas. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved