Advetorial

Harapan BUMDes Mampu Menyentuh Permasalahan Penanggulangan Kemiskinan

Harapan BUMDes Mampu Menyentuh Permasalahan Penanggulangan Kemiskinan yang Ada di Desa

Harapan BUMDes Mampu Menyentuh Permasalahan Penanggulangan Kemiskinan
Istimewa
Pendampingan BUMDes dalam memproduksi makanan olahan dari lele 

HARAPAN  BUMDES  MAMPU MENYENTUH PERMASALAHAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Oleh : Karnadi Ismono,S.Sos.

penulis : Karnadi Ismono,S Sos 
(Manajer Pojok BUMDes STIE Mitra Indonesia Yogyakarta)
penulis : Karnadi Ismono,S Sos (Manajer Pojok BUMDes STIE Mitra Indonesia Yogyakarta) (IST)

HIRUK pikuk kehadiran BUMDes pasca lahirnya UU Desa menjadi sebuah percakapan menarik  baik dijajaran pemerintah, perguruan tinggi, desa sebagai user serta para pegiat desa di seantero negeri.

Pasalnya adalah bahwa BUMDes singkatan dari Badan Usaha Milik Desa akan memberikan angin segar bangkitnya dunia usaha di tingkat desa sehingga pundi-pundi akan bertebaran di desa,  yang imbasnya pada kesejahteraan masyarakat.

Perjuangan mewujudkan keberhasilan BUMDes bukan hal yang mudah. Dibutuhkan sebuah komitmen dan integritas bersama seluruh komponen yang ada di desa baik partisipasi masyarakat, ketersediaan potensi alam yang baik, manajemen pengelola BUMDes yang transparan, profesional, bertanggungjawab serta penuh pengabdian dan dedikasi yang tinggi dalam mempedulikan desa.

Salah satu kegiatan BUMDes
Salah satu kegiatan BUMDes (Istimewa)

BUMDes yang berhasil selalu diukur hanya dengan satu variable yaitu besarnya BUMDes dalam membukukan laba yang diperoleh dalam pengelolaan unit-unit usahanya seperti : jumlah wisatawan yang berkunjung di wisata desanya yang cukup ramai, besarnya omzet unit usaha di dalam  menjual hasil kerajinan, makanan olahan atau besarnya pemasukan dalam penjualan jasa-jasa yang dimiliki oleh unit Bumdes sehingga semua itu menjadi sebuah akumulasi keuntungan yang besar bagi BUMDes.

Satu hal yang jarang menjadi pikiran kita adalah seberapa besar keuntungan yang diperoleh dari usaha-usaha unit BUMDes benar-benar mampu memberi dampak ekonomi yang baik bagi masyarakat.

Ini artinya lahirnya BUMDes memang menjadi jawaban bersama bahwa BUMDes memiliki dampak terhadap penanggulangan kemiskinan ditingkat desa.

Banyak BUMDes yang sukses secara finasial, tapi masyarakat di sekitar masih menjadi penonton, bukan sebagai pelaku bisnis atau usaha di desanya sendiri.  

Pendampingan yang dilakukan untuk pengembangan BUMDes
Pendampingan yang dilakukan untuk pengembangan BUMDes (Istimewa)

Malah sebaliknya, dengan adanya BUMDes pemodal-pemodal dari luar desa masuk dan melakukan usaha seenaknya. Hal  yang lebih memprihatinkan  lagi adalah desa dieksploitasi sedemikian rupa, sehingga SDA dan SDM habis dijarah oleh pemodal-pemodal. Ini yang dibilang BUMDes salah urus.

Halaman
12
Editor: has
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved