Yogyakarta

Menilik Fasilitas Homestay di Mojolegi, Tamu Dianggap Sudah Seperti Keluarga

Meski bukan jadi sumber pemasukkan utama, nyatanya dari home stay ini mereka mendapat pemasukkan tambahan.

Menilik Fasilitas Homestay di Mojolegi, Tamu Dianggap Sudah Seperti Keluarga
IST
Sogiyanto, Ketua Pokdarwis Desa Wisata Karangtengah sekaligus salah satu pemilik Homestay di Padukuhan Mojolegi, Karangtengah, Imogiri, Bantul saat menata kamar untuk disewakan sebagai homestay, Sabtu (5/1/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Sudah lebih kurang enam tahun belakangan ini sebagian masyarakat Padukuhan Mojolegi, Desa Karangtengah, Imogiri, Bantul mengelola home stay secara bersama-sama.

Meski bukan jadi sumber pemasukkan utama, nyatanya dari home stay ini mereka mendapat pemasukkan tambahan.

Dan juga, kenalan dari banyak tamu yang lebih dari sekedar tamu biasa.

Mengapa bukan tamu biasa. Ini karena tamu yang menginap di homestay milik para warga Mojolegi bisa sangat akrab dengan pemilik rumah atau pengelola homestay.

Batasnya tipis sekali.

Wajar, sedari awal homestay di lokasi itu berdiri memang bermula dari proses interaksi alami antara warga dengan para tamu.

Baca: Quran Home Stay, Pencetak Generasi Muda Penghafal Alquran

Sogiyanto selaku Ketua Pokdarwis Desa Wisata Karangtengah menuturkan, munculnya homestay di Padukuhan Mojolegi bermula dari predikat Desa Wisata yang melekat pada Desa Karangtengah.

Sedangkan Mojolegi sendiri, moncer berkat adanya kebun jambu mete berukuran cukup luas sampai menampung 3 ribu pohon.

“Awalnya itu dari kelompok tani yang dipercaya mengelola Sultan Ground seluas 60 hektar di Mojolegi. Lalu ada bantuan bibit mete dari Gusti Pambayun tahun 1985. Setelah lima tahun pohon besar. Lalu dibangun gazebo dan mulai banyak orang datang ke sini untuk memetik mete dan menanam pohon mete,” kata Sogiyanto.

Banyaknya aktivitas pengunjung dari luar daerah membuat pihak Dinas Pariwisata Bantul memberi masukan agar dibuat homestay di Mojologi.

Halaman
123
Penulis: sus
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved