Bantul

Latih Kesiapsiagaan warga, Pemdes Ringinharjo Gelar Simulasi Kebakaran

Latih Kesiapsiagaan warga, Pemdes Ringinharjo Gelar Simulasi Kebakaran di Lapangan Desa Setempat.

Latih Kesiapsiagaan warga, Pemdes Ringinharjo Gelar Simulasi Kebakaran
Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin
Petugas sigap menyiramkan air untuk memadamkan api yang membakar warung dalam simulasi bencana kebakaran di lapangan Ringinharjo, Minggu (30/12/2018) 

Laporan Reporter Tribun Jogja Ahmad Syarifudin

TRIBUNJOGJA.COM - Pemerintah Desa Ringinharjo, Bantul menggelar simulasi tanggap bencana kebakaran di lapangan desa setempat, Minggu (30/12/2018).

Dalam simulasi itu, ada satu warung terbakar, warga berlarian dan petugas sigap memadamkan api.

Lurah Desa Ringinharjo, Sulistiya Atmaji mengatakan simulasi tanggap bencana kebakaran tersebut sengaja digelar dalam rangka peringatan hari jadi Desa Ringinharjo yang ke-72.

Simulasi kebakaran dilakukan oleh lembaga kesiapsiagaan bencana Desa Ringinharjo yang terdiri dari forum pengurangan resiko bencana (FPRB), Forum kemitraan polisi dan masyarakat (FKPM), Perlindungan Masyarakat (Linmas) dan Karang Taruna.

Baca: Pentas Seni Budaya, Warnai Semarak Hari Jadi Desa Ringinharjo ke-72

Baca: Gelar Seni dan Budaya Djayaningratan, Upaya Bangkitkan Kebudayaan Kampung Wisata Sosrodipuran

"Kita uji ketangkasan mereka. Dimana penyelamatan bencana menjadi faktor penting hari ini untuk mengurangi keresahan di masyarakat manakala terjadi bencana," katanya, disela-sela simulasi.

Menurut dia, selama ini banyak segenap warga masyarakat di Desa Ringinharjo yang belum mengetahui bahwa desa memiliki forum yang siap dalam menanggulangi bencana.

Sebab itu, selain melatih ketangkasan, salah satu tujuan digelarnya simulasi bencana kebakaran sekaligus sebagai upaya untuk mengenalkan forum penanggulangan bencana kepada masyarakat luas.

"Ada empat unsur yang siap menanggulangi bencana di desa Ringinharjo yaitu FPRB, FKPM, Linmas dan dibantu juga Karang Taruna," tutur dia.

Dalam simulasi tersebut, diceritakan ada salah satu warung milik warga yang tiba-tiba terbakar. Sontak, warga yang ada di dalam warung berlari menyelamatkan diri.

Tak lama kemudian, petugas dari Linmas, FPRB, FKPM serta karang taruna segera datang dan sigap memadamkan api menggunakan air. (tribunjogja)

Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved