UPDATE : BMKG Pastikan Tidak Ada Ancaman Tsunami dari Gempa Filipina ke Wilayah Indonesia

gempa dilaporkan berada di 193 kilometer di sebelah timur kota General Santos di Filipina. Pusat gempa berada di kedalaman 60 kilometer.

UPDATE : BMKG Pastikan Tidak Ada Ancaman Tsunami dari Gempa Filipina ke Wilayah Indonesia
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.com - Gempa bermagnitudo 7,1 melanda kawasan Davao di Filipina pada Sabtu (29/12/2018) siang. Seiring terjadinya gempa ini, Pacific Tsunami Warning Center mengeluarkan adanya peringatan tsunami.

Dilansir dari CNBC, gempa dilaporkan berada di 193 kilometer di sebelah timur kota General Santos di Filipina. Pusat gempa berada di kedalaman 60 kilometer.

Gempa Besar Davao Terasa Sampai Talaud, Tak Berpotensi Timbulkan Tsunami di Indonesia

Menurut Pacific Tsunami Warning Center, potensi tsunami dapat terjadi hingga 300 kilometer dari pusat gempa. Ini termasuk wilayah yang berada di Indonesia.

Namun, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) gempa tidak berpotensi menyebabkan tsunami di Indonesia.

Dalam catatan BMKG, pusat gempa berada 201 kilometer Timur Laut Kepulauan Talaud Sulawesi Utara di kedalaman 69 kilometer.

"Tidak berpotensi tsunami di wilayah Indonesia," kata Taufan saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (29/12/20180 siang.

Diberitakan sebelumnya telah terjadi gempa bermagnitudo 7,2 di Selatan Pulau Mindanau, Filipina pada hari Sabtu (29/12/2018) siang. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengeluarkan peringatan terjadinya tsunami yang kemungkinan bisa terjadi di beberapa bagian pantai Filipina dan Indonesia.

Tidak ada laporan langsung tentang korban atau kerusakan, dari gempa bumi, yang menurut US Geological Survey (USGS) berada di 193 km (120 mil) timur kota General Santos, Filipina, pada kedalaman 60 km (37 mil).

“Gelombang tsunami berbahaya dari gempa ini dimungkinkan dalam 300 km (186 mil) dari pusat gempa di sepanjang pantai Indonesia dan Filipina,” kata Pusat Peringatan Tsunami Pasifik.

USGS awalnya mengatakan besarnya gempa itu 7,2 tetapi kemudian diturunkan menjadi 6,9.

--

Berita ini sudah tayang di kompas.com dengan judul Gempa Filipina, BMKG Pastikan Tak Ada Potensi Tsunami di Indonesia

Editor: mon
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved