Pemilu 2019

Pastikan Hak Penyandang Disabilitas di Pemilu Terpenuhi, Awal 2019 Komite Disabilitas Undang KPU DIY

Pastikan Hak Penyandang Disabilitas di Pemilu Terpenuhi, Awal 2019 Komite Disabilitas Undang KPU DIY

Penulis: Siti Umaiyah | Editor: Hari Susmayanti
hoffmannworkcomp.com
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Komite Disabilitas DIY memastikan para penyandang disabilitas mendapatkan hak suara yang sama saat pemilihan umum yang berlangsung pada 17 April 2019 mendatang.

Komisioner Bidang Pemantauan dan Layanan Pengaduan, Komite Disabilitas DIY Winarta menerangkan untuk memastikan hak para penyandang disabilitas saat pemilihan umum berlangsung, pihaknya di awal tahun 2019 akan mengundang KPU DIY, KPU Kabupaten/Kota serta pihak-pihak terkait lainnya.

"Kita sudah siapkan. Nanti di awal tahun kita akan undang KPU DIY, KPU Kabupaten/Kota, Komite untuk memastikan bagaimana mereka melayani penyandang disabilitas. Kita akan undang mereka, termasuk berkaitan dengan pendidikan pemilih. Kita sudah rencanakan," terangnya.

Baca: Masih Banyak Warga Kulon Progo Belum Perekaman e-KTP

Baca: KPU Gunungkidul : Tahapan Pemilu Hingga Masa Kampanye Berjalan Lancar

Winarta menjelaskan jika pihaknya ingin para penyandang disabilitas mengerti mengenai siapa yang dipilih dan dampak dari suara yang mereka berikan seperti apa terhadap kehidupan mereka.

Dia juga tidak ingin pelaksanaan hak disabilitas hanya mobilisasi.

"Kita tidak penyandang disabilitas hanya dikerahkan ramai-ramai ke bilik suara tanpa mereka tahu suaranya untuk apa. Mereka harus tahu persis, kalau mereka pilih siapa dampaknya akan seperti apa untuk mereka. Kita dorong KPU untuk memberikan edukasi," jelasnya. (tribunjogja)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved