Yogyakarta

Pagelaran Drama Tari Klasik 'SETAMAYA' Akan Digelar di Taman Budaya Yogyakarta, Catat Tanggalnya!

Pagelaran berjudul Nayantaka Boyong, ialah lakon yang merupakan bagian dari cerita epos Mahabarata.

Pagelaran Drama Tari Klasik 'SETAMAYA' Akan Digelar di Taman Budaya Yogyakarta, Catat Tanggalnya!
IST
50 penari dari berbagai daerah di DIY akan ambil bagian pada pagelaran drama tari klasik gaya Yogyakarta bertajuk Nayantaka Boyong di Societet Taman Budaya Yogyakarta, Minggu (30/12/2018) 

TRIBUNJOGJA.COM - Seniman Tari Muda Yogyakarta (SETAMAYA) akan menggelar pagelaran drama tari klasik gaya Yogyakarta bertajuk Nayantaka Boyong di Societet Taman Budaya Yogyakarta, Minggu (30/12/2018) pukul 19.30 WIB.

Adapun pagelaran drama tari klasik ini sebagai wujud semangat para penari muda Yogyakarta yang dituangkan menjadi sebuah ide untuk membuat sebuah ruang kerja kreatif yang bercita-cita menyatukan penari-penari muda DIY.

Pagelaran berjudul Nayantaka Boyong, ialah lakon yang merupakan bagian dari cerita epos Mahabarata.

"Lakon ini dipilih karena membaca kondisi masyarakat Indonesia yang kini juga tengah memilih sosok pamomong yang mampu menentramkan sebuah negara," kata ketua tim produksi, Putra Jalu Pamungkas, Senin (24/12/2018).

Baca: Kaleidoskop 2018: Penantian Panjang PSS Sleman Kembali ke Kasta Tertinggi

Putra menjelaskan, pada pagelaran drama tari klasik ini seluruh personel yang terlibat ialah para seniman muda DIY, mulai dari penari, pengrawit, sampai dengan tim produksi yang secara keseluruhan berjumlah 100 orang.

Dalam pagelaran Nayantaka Boyong, tim produksi diketuai oleh Putra Jalu Pamungkas dan disutradarai oleh Herida Damarwulan.

Sendratari yang melibatkan 50 penari dari 4 kabupaten serta 1 kota di DIY ini juga melibatkan beberapa koreografer, yakni Pulung Jati Ronggo Murti, Risca Putri Wulandari, ,Hermawan Sinung Nugroho, dan Kinanthi Sekar Rahina, dengan penata iringan Bayu Purnama.

Pagelaran ini diselenggarakan gratis untuk umum, tanpa tiket masuk.

Baca: Pagelaran Dongeng Jogja Tebarkan Pesan Kebaikan

"Dengan lahirnya SETAMAYA, diharapkan menjadi geliat baru dalam warna komunitas-komunitas seniman muda DIY. Harapannya dengan saling terhubungnya para seniman muda dapat menjadi komunitas yang berdaya dan turut berkontribusi dalam memberikan atmosfer yang nyaman dalam berkarya, bergerak menyuarakan semangat membangun, dan berdampak baik untuk masyakarat," pungkas Putra.

Informasi dan contact person dapat diikuti di instagram @setamaya.diy. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved