Siapkan Rp474 Ribu untuk Melewati Jalan Tol dari Jakarta ke Surabaya Tanpa Terputus

Berapa biaya yang perlu dipersiapkan untuk bepergian menggunakan kendaraan golongan I dari Jakarta menuju Surabaya melalui jalur tol Trans Jawa?

IST/MMKSI
Tujuh ruas tol baru di Jawa Timur dan Jawa Tengah telah diresmikan. Jalur tol Trans Jawa pun kini tersambung. 

TRIBUNJOGJA.COM - Lima ruas tol baru yang menyambungkan tol Trans Jawa, telah diresmikan Presiden Joko Widodo, Kamis (20/12/2018) lalu.

Peresmian ini diharapkan dapat membantu pergerakan masyarakat saat membutuhkan jalur bepergian dari barat ke timur dan sebaliknya selama waktu libur Natal dan Tahun Baru saat ini.

Namun, berapa biaya yang perlu dipersiapkan untuk bepergian menggunakan kendaraan golongan I dari Jakarta menuju Surabaya melalui jalur tol tanpa terputus tersebut?

Prototipe Kedua Pesawat N219 Sukses Diterbangkan Pilot Wanita

Selain berbayar, tentu harus diingat bahwa masih ada lima ruas tol yang digratiskan selama libur Natal dan Tahun Baru ini, yakni Tol Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga (Boyolali)-Kartasura, Wilangan (Nganjuk)-Kertosono, dan Pasuruan-Probolinggo.

Jika pengendara berangkat dari Jakarta, ruas tol pertama yang dilalui adalah Jakarta-Cikampek dengan biaya Rp 15.000. Perjalanan dilanjutkan ke ruas tol Cikopo-Palimanan dengan biaya Rp 102.000.

BMKG: SMS tentang Bencana pada Akhir Tahun HOAKS

Ruas tol berikutnya adalah Palimanan-Kanci dengan biaya Rp 12.000. Dilanjutkan dengan Kanci-Pejagan sepanjang 39 kilometer Rp 29.000 dan Pejagan-Pemalang (Brebes Timur) dengan biaya Rp 57.500.

Pengendara akan melanjutkan perjalanan melalui ruas tol baru yang masih gratis, yakni Brebes Timur-Pemalang, Pemalang-Batang, dan Batang-Semarang.

Rika Verawati, Caleg Cantik yang Ditangkap Bawa Sabu Ternyata Pengedar dan Kurir Narkoba

Masuk ke Semarang, pengendara baru membayar tol di gerbang tol Semarang (Jatingaleh-Krapyak dan Jatingaleh-Srondol) dengan tarif Rp 5.500.

Berlanjut menuju jalur tol Semarang-Solo (Salatiga) Rp 33.000.

Kemudian melewati ruas Solo-Ngawi sepanjang 90,43 kilometer dengan tarif Rp 86.500. Perjalanan berlanjut ke Ngawi-Kertosono (Wilangan) Rp 52.000 dan melalui ruas tol Wilangan-Kertosono yang belum dikenakan biaya.

Dua Lelaki Telanjang yang Berpelukan dalam Mobil di Pati Ternyata Warga Sampang Madura

Selanjutnya di wilayah Jombang (Kertosono)-Mojokerto dikebakan tarif Rp 46.000 dan Mojokerto-Surabaya Rp 36.000.

Jadi, total dari ruas tol Jakarta-Cikampek sampai ruas tol Mojokerto-Surabaya pengendara menghabiskan total Rp 474.000.

Jembatan Kalikuto di ruas tol Batang-Semarang yang diresmikan Presiden Jokowi, Kamis (20/12/2018)
Jembatan Kalikuto di ruas tol Batang-Semarang yang diresmikan Presiden Jokowi, Kamis (20/12/2018) (KONTAN/Baihaki)

Bagi pengendara yang berangkat dari Merak atau melanjutkan perjalanan hingga ruas tol Gempol-Pasuruan akan ditambah biaya sekitar Rp 88.000.

Namun sebelum bepergian, persiapan kendaraan dan fisik sangat penting dilakukan. Patuhi rambu-rambu petunjuk selama diperjalanan dan tidak lupa beristirahat. (Setyo Adi Nugroho)

.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Biaya Perjalanan Melewati Tol dari Jakarta ke Surabaya"

Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved