Bisnis

Perancis Akan Terapkan Pajak untuk Perusahaan Teknologi Besar Mulai Januari 2019

Mulai 1 Januari 2019 mendatang, Perancis menyatakan akan mengenakan pajak untuk perusahaan-perusahaan teknologi besar.

Perancis Akan Terapkan Pajak untuk Perusahaan Teknologi Besar Mulai Januari 2019
Google Doodles
Ilustrasi: Tampilan Google Doodles Indonesia Peringatan Hari Guru 

TRIBUNJOGJA.COM, PARIS - Mulai 1 Januari 2019 mendatang, Perancis menyatakan akan mengenakan pajak untuk perusahaan-perusahaan teknologi besar.

Menteri Keuangan Perancis Bruno Le Maire menyatakan dalam sebuah siaran televisi pada Senin (17/12/2018), besaran pajak tersebut akan diumumkan pada waktu penerapannya.

"Akan diberlakukan selama tahun 2019 untuk jumlah yang kami perkirakan 500 juta euro (570 juta dollar AS)," ujarnya seperti dikutip Kompas.com dari Al-Jazeera, Rabu (19/12/2018).

Baca: Delay Penerbangan Kini Bisa Diprediksi oleh Google Assistant

Langkah tersebut dinilai dapat membantu menutup lubang miliaran euro pada anggaran pendapatan dan belanja Perancis pada tahun 2019.

Ini lantaran Presiden Emmanuel Macron baru saja menyisihkan anggaran untuk keluarga berpenghasilan rendah sebagai upaya menenangkan demonstran rompi kuning.

Sebenarnya, Perancis telah lama mendorong pajak untuk Google, Apple, Facebook dan Amazon (GAFA) ini, untuk memastikan para raksasa perusahaan teknologi membayar pajak secara adil seiring dengan bisnis mereka yang begitu masif di Uni Eropa.

Baca: Dua Tewas dalam Serangan Bersenjata di Pusat Perbelanjaan Natal Strasbourg Prancis

Rendahnya pajak yang dibayarkan oleh perusahaan-perusahaan teknologi asal AS tersebut kerap membuat berbagai perwakilan negara-negara Uni Eropa meluapkan amarahnya.

Namun hingga saat ini, persekutuan 28 negara tersebut masih mencari langkah yang tepat sebagai solusi permasalahan pajak GAFA ini.(TRIBUNJOGJA.COM)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mulai Januari 2019, Perancis Akan Terapkan Pajak untuk Google Cs"
Penulis : Mutia Fauzia
Editor : Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor: Ari Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved