Bisnis

Malioboro Jadi Prioritas Pengamanan Jaringan Telkomsel

Telkomsel juga telah mengantisipasi kenaikan trafik data dan pengamanan jaringan di lokasi infrastruktur baru seperti jalur tol dan bandara

Malioboro Jadi Prioritas Pengamanan Jaringan Telkomsel
TRIBUNJOGJA.COM / Hasan Sakri
TELKOMSEL TAMBAH BANDWITH. General Manager ICT Operation Region Jateng dan DIY TElkomsel, Hersetyo Pramono meninjau kepadatan lalu lintas melalui kamera pemantau melalui layanan Telkomsel saat melakukan jumpa pers di Loop Station, Kota Yogyakarta, Selasa (18/12/2018). Untuk menghadapi lonjakan trafik layanan data selama libur natal dan tahun baru di wilayah Jawa Tengah dan DIY pihak Telkomsel menyiapkan bandwith 4,2 Tbps dan membangun 776 BTS baru. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Telkomsel Jateng & DIY melakukan optimalisasi jaringan dilakukan di 63 titik yang diprediksi menjadi pusat keramaian publik pada periode liburan Natal dan Tahun Baru, seperti alun-alun, obyek wisata, stasiun, terminal, ruas jalan tol, mall dan pusat perbelanjaan.

Telkomsel juga telah mengantisipasi kenaikan trafik data dan pengamanan jaringan di lokasi infrastruktur baru seperti jalur tol dan bandara yang sudah beroperasi.

Ada 3 lokasi yang menjadi prioritas utama pengamanan jaringan di wilayah Jawa Tengah dan DIY yakni Jl. Malioboro Yogyakarta, Simpang Lima Semarang dan Jl Slamet Riyadi Surakarta.

Khusus mall dan pusat perbelanjaan, Telkomsel telah mengoptimalkan jaringan 4G untuk mengantisipasi lonjakan trafik data di 6 titik yakni Grand Artos Magelang, Hartono Mall Yogyakarta, Hypermart Pekalongan, Pacific Mall Tegal, Moro Mall dan Rita Supermall Purwokerto.

Baca: Telkomsel Bangun 776 BTS untuk Antisipasi Lonjakan Trafik di Akhir Tahun

“Momen Natal dan Tahun Baru (NaRu) yang selalu dibarengi dengan masa liburan merupakaan momen bagi masyarakat Indonesia menghabiskan waktu bersama keluarga dan kerabatnya. Kami telah meningkatkan kualitas dan menambah kapasitas jaringan untuk memastikan kondisi jaringan tetap prima sehingga pelanggan selalu nyaman berkomunikasi selama menikmati waktu liburannya, bahkan pada kondisi trafik paling padat sekalipun,” General Manager ICT Operation Region Jateng & DIY Telkomsel Hersetyo Pramono, Rabu (19/12/2018).

"Kami mengatakan secara rutin terjadwal melakukan uji jaringan, namun khusus untuk menghadapi natal dan tahun baru, kami membentuk team task force yang terdiri dari tim ICT dan Sales untuk melakukan sampling tes pelayanan di posko NaRu dan drive test di wilayah yang diprediksi menjadi pusat keramaian," ujarnya.

“Khusus untuk Jl. Malioboro Yogyakarta, kami menambahkan technology radio massive MiMo untuk meng-handle super crowd yang diprediksi akan terjadi saat malam pergantian tahun, sehingga penggunaan layanan data yang biasanya dimanfaatkan pelanggan untuk mengunggah foto atau video pada aktivitas pergantian tahun kami jamin kelancarannya,” lanjut Hersetyo.

Pada puncak periode Natal dan Tahun Baru kali ini, trafik layanan data atau payload diperkirakan meningkat 36.66 % dibandingkan hari biasa.

Kenaikan trafik layanan data ini akan didominasi oleh trafik layanan video sebesar 20 %.

Baca: Telkomsel Prediksi Trafik Layanan Data Naik 20% Saat Libur Akhir Tahun

Di sampimg itu pelanggan memanfaatkan layanan data untuk berkomunikasi dan berinteraksi melalui layanan media sosial, pesan instan, mendengarkan musik secara streaming, serta bermain online games.

Berbanding terbalik dengan layanan data, trafik layanan SMS diprediksi mengalami penurunan sekitar -3%, sedangkan trafik layanan suara diperkirakan cenderung menurun tipis, sekitar -0.3% dibandingkan hari biasa, hal ini dikarenakan adanya kenaikan peggunaan data untuk service OTT (on top technology) seperti WhatsApp, LINE dll.(tribunjogja.com)

Penulis: vim
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved