Bisnis

BI DIY: Masyarakat Tak Perlu Kuatir Kebutuhan Uang Selama Nataru

Bagi masyarakat yang ingin menukarkan nominal uang dengan pecahan kecil juga bisa mendatangi kantor cabang terdekat.

BI DIY: Masyarakat Tak Perlu Kuatir Kebutuhan Uang Selama Nataru
Kompas
Ilustrasi uang rupiah 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan DIY mengimbau masyarakat untuk tidak perlu mencemaskan ketersediaan uang kartal selama liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Pada tahun ini kebutuhan uang diprediksi meningkat sebanyak 43 persen yang mencapai 2,3 triliun dibanding tahun lalu yang hanya terealisasi senilai Rp1,6 triliun, meskipun demikian BI mengatakan uang kartal tersedia dalam jumlah yang cukup.

BI mencatat, terhitung hingga 14 Desember 2018 lalu realisasi tersebut telah mencapai 39 persen dari jumlah proyeksi yang disampaikan perbankan.

"Maka dari itu masyarakat tidak perlu khawatir untuk kebutuhan uang tunai selama periode tersebut," kata Kepala KPw BI DIY, Budi Hanoto, Rabu (19/12/2018).

Baca: Bank Indonesia Perwakilan DIY Berikan Pelatihan Peningkatan Peran UMKM

Menurut Budi, peningkatan permintaan uang tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah akibat pertumbuhan ekonomi DIY yang terus meningkat, sehingga secara tidak langsung berdampak pula pada kebutuhan uang.

"Kalau ekonomi meningkat pasti membutuhkan likuiditas uang yang dipakai untuk kegiatan ekonomi," paparnya.

Lebih lanjut, BI mengatakan bagi masyarakat yang ingin menukarkan uang pecahan dalam nominal berapapun bisa langsung mendatangi KPw BI DIY serta mobil kas keliling yang telah disediakan.

Sementara itu, Bank Mandiri Cabang Yogyakarta mempersiapkan jumlah uang senilai Rp500 miliar dalam mendukung kelancaran masa liburan Nataru.

Baca: Hasil Survei G4S, Transaksi di Indonesia Masih Didominasi Pembayaran Uang Tunai

Area Head Mandiri Yogyakarta, Linda Permatasari menuturkan, jumlah tersebut akan disebar di 334 mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di seluruh DIY.

"Kebutuhan tersebut naik sekitar Rp100 miliar dibanding tahun lalu. 2017 kemarin kami mempersiapkan uang dengan jumlah Rp400 miliar untuk kebutuhan Nataru," kata dia.

Linda melanjutkan, penyebaran uang sudah akan dilakukan pada 22 Desember mendatang.

Bagi masyarakat yang ingin menukarkan nominal uang dengan pecahan kecil juga bisa mendatangi kantor cabang terdekat.

Bank mandiri selama libur Nataru juga membuka beberapa kantor cabangnya untuk operasional terbatas.

Pada 24-25 Desember, Kantor cabang Sudirman akan membuka layanan.

Sementara pada 31 Desember dibuka untuk umum di lima kantor cabang yakni Sudirman, UGM, Wates, Wonosari dan Bantul. (TRIBUNJOGJA.COM)

Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved