Pendidikan

Siswa SMPN 5 Yogyakarta Manfaatkan Limbah Daun Asam Jadi Sumber Energi Listrik

Dua siswa SMPN 5 Yogyakarta berinovasi dengan berkreasi memunculkan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan dari limbah tanaman.

Siswa SMPN 5 Yogyakarta Manfaatkan Limbah Daun Asam Jadi Sumber Energi Listrik
istimewa
Dua siswa SMPN 5 Yogyakarta meraih Medali Perunggu dalam Lomba Peneliti Belia Tingkat Nasional 2018 di bidang Enviromental Science melalui penelitian limbah daun asam. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Semakin meningkatnya kebutuhan energi listrik dalam era serba digital, maka diperlukan adanya energi baru yang terbarukan.

Berkurangnya sumber energi berbahan dasar fosil, mendorong dua siswa SMPN 5 Yogyakarta berinovasi dengan berkreasi memunculkan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan dari limbah tanaman.

Adalah Avriza Devano Bestafa dan Rasendriya Ardhana Ajie yang meneliti sumber listrik alternatif dari limbah Daun Asam untuk membuat sebuah prototipe yang mampu mengalirkan listrik.

Baca: 13 Langkah Flawless Make Up Look Flormar, Lengkap dengan Video Tutorial

Avriza menuturkan, pemilihan limbah daun asam ini karena dirinya melihat banyaknya limbah daun asam di pinggir jalan yang berserakan dan menjadi sampah.

"Dua pohon asam saja daun keringnya sudah menumpuk. Kalau satu jalan penuh pohon asam kan bisa dibayangkan daun keringnya seberapa. Saat ini, daun asam kering hanya dibakar sehingga menyebabkan polusi udara," kata Avriza pada Selasa (18/12/2018).

Padahal, limbah daun asam tersebut berpotensi untuk diolah menjadi sumber energi alternatif melalui beberapa langkah menggunakan prinsip 3R yakni Reuse, Reduce dan Recycle.

Limbah daun asam dipilih sebagai sumber energi listrik karena memiliki tingkat keasaman atau pH yang bersifat asam, artinya memiliki konduktivitas listrik yang tinggi.

Baca: Alat yang Bisa Menangkap Air dari Udara tanpa Bantuan Listrik Berhasil Diciptakan

Sebelum mencoba menggunakan limbah daun asam, Avriza sudah mencoba berbagai macam daun.

Menurutnya, dari berbagai percobaan tersebut, limbah daun asam menghasilkan sumber energi alternatif yang lebih efektif.

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved