Nasional

Beberapa Wilayah Ini Diharapkan Mewaspadai Siklon Tropis Kenanga

Siklon tropis yang diberi nama Kenanga ini memiliki kecepatan angin maksimum di dekat pusat siklonnya mencapai 40 knot atau sekitar 75 km/jam.

Beberapa Wilayah Ini Diharapkan Mewaspadai Siklon Tropis Kenanga
Situs resmi BMKG via Kompas.com
Waspada siklon kenanga beberapa hari ke depan. 

TRIBUNJOGJA.COM - Masyarakat diminta mewaspadai siklon tropis yang akan terjadi beberapa hari ke depan.

Hal tersebut menyusul peringatan yang dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG).

Siklon tropis yang diberi nama Kenanga ini memiliki kecepatan angin maksimum di dekat pusat siklonnya mencapai 40 knot atau sekitar 75 km/jam.

Dilansir dari situs resmi BMKG, bibit siklon terdeteksi berkembang sejak Rabu (12/12/2018) lalu di wilayah Samudra Hindia.

Setelah itu, menjadi siklon tropis tiga hari kemudian, Sabtu (15/12/2018) pada jarak sekitar 1.400 kilometer dari Bengkulu sebelah barat daya Pulau Sumatera.

Menurut BMKG, siklon tropis akan cenderung bergerak ke arah barat daya menjauhi wilayah Indonesia dan diprakirakan berada sekitar 2.754 kilometer dari wilayah Indonesia dalam 72 jam ke depan.

Siklon ini memberikan dampak tidak langsung berupa peningkatan angin di sebagian wilayah pesisir barat pulau Sumatera dan peningkatan ketinggian gelombang 2,5-4,0 meter di perairan Kepualauan Mentawai hingga Selat Sunda.

Peningkatan kecepatan angin cenderung disebabkan oleh aliran massa udara dari selatan Indonesia bagian Tengah.

Baca: BNPB Gelontorkan Rp 4 M untuk Terdampak Siklon Cempaka

Peningkatan kecepatan angin diprakirakan dapat terjadi di pulau Jawa seperti Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Dominasi massa udara dari selatan cenderung mengurangi curah hujan di sebagian wilayah pulau Sumatera dan Jawa. Tapi, akan meningkatkan intensitas hujan di wilayah Indonesia bagian tengah dan timur.

Halaman
1234
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved