Mandalika

Mengenal Lebih Dekat Suku Sasak : Budaya Kawin Culik Hingga Mengepel Lantai Pakai Kotoran Kerbau

Mengenal Lebih Dekat Suku Sasak : Budaya Kawin Culik Hingga Mengepel Lantai Pakai Kotoran Kerbau

TRIBUN JOGJA/ Hamim Thohari
Dusun Sade yang berada desa Rembitan, Pujut, Lombok Tengah adalah dusun yang hingga saat ini mempertahankan tradisi asli suku Sasak. Di dusun ini wisatawan bisa melihat rumah hingga kebudayaan asli Sasak yang tetap terjaga. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rina Eviana

TRIBUNJOGJA.COM - Indonesia dikenal punya beragam suku dan budaya. Dan hingga kini ragam suku dan budaya asli masih bisa kita jumpai di beberapa daerah, termasuk di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Bagi Anda wisatawan yang berkunjung ke Lombok, khususnya peminat wisata budaya, maka berkunjung ke Desa Adat Sasak atau Dusun Sasak Sade bakal memberi pengalaman yang menarik.

Dusun Sasak Sade yang terletak di Desa Rambitan Kecamatan Pujut, Lombok Tengah merupakan kampung tempat tinggal Suku Sasak (suku asli NTB).

Menurut warga setempat Sade memiliki arti obat atau kesadaran.

Sade dimaknai warga setempat hingga kini masih punya kesadaran dan akan terus mempertahankan budaya nenek moyang Suku Sasak.

Baca: Pantai Gesing, Pantai Berpasir Putih yang Tawarkan Kuliner Seafood Murah di Ujung Barat Gunungkidul

Hal itu direpresentasikan lewat bangunan rumah, dan budaya yang dianut hingga saat ini.

Anto, warga Dusun Sasak Sade yang berprofesi sebagai pemandu lokal menceritakan, di dusun ini, ada 150 rumah Sasak (kepala keluarga) dengan jumlah warga sekitar 700 orang.

Warga di sini, punya budaya yang cukup unik. Budaya unik itu di antaranya adalah dalam hal pernikahan dan menuju prosesi pernikahannya itu sendiri.

"Di sini warga menikah dengan sepupu sendiri untuk mempertahankan garis keturunan. Kalau mau kawin kami harus kawin culik atau kawin lari," ucapnya saat memandu tim Famtrip Journalist Mandalika yang digelar Kementerian Pariwisata RI, Rabu (12/12/2018).

Halaman
123
Penulis: Rina Eviana Dewi
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved