Sleman

Kaderisasi, Perguruan Silat Tapak Suci Gelar Penataran Wasit dan Pelatih Tingkat Nasional

Kaderisasi, Perguruan Silat Tapak Suci Gelar Penataran Wasit dan Pelatih Tingkat Nasional

Kaderisasi, Perguruan Silat Tapak Suci Gelar Penataran Wasit dan Pelatih Tingkat Nasional
Tribun Jogja/ Azka Ramadhan
Pembukaan penataran wasit dan pelatih tingkat nasional Tapak Suci Putra Muhammadiyah, di Gedung LPMP DIY, Sleman, Kamis (13/12/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM - Sebagai upaya kaderisasi dan pembinaan berkala, perguruan pencak silat dan seni bela diri Tapak Suci Putra Muhammadiyah menggelar penataran wasit dan pelatih tingkat nasional, di Gedung LPMP DIY, Sleman, 13-16 Desember 2018. 

Penataran kali ini, diikuti 250 peserta, baik wasit, maupun pelatih, dari Wilayah II, yang mencakup Jawa-Kalimantan.

Pembagian wilayah dilakukan, lantaran jumlah yang terlampau banyak, sehingga penataran tidak bisa diselenggarakan dalam satu waktu.

Ketua Pimpinan Pusat Tapak Suci, Afnan Hadikusumo mengatakan, tujuan utama penataran memang untuk melangsungkan proses kaderisasi

Ia tidak menampik, sejauh ini banyak perguruan pencak silat yang gulung tikar, karena kaderisasi tidak berjalan dengan baik.

Baca: Jadwal Babak Delapan Besar Liga 3 2018 dan Jatah Tim Promosi ke Liga 2 2019

"Harus kita syukuri, di usia 54 tahun ini, Tapak Suci masih bisa bertahan. Sekarang ini, banyak perguruan pencak silat yang punya pelatih, tapi tidak ada siswa, atau sebaliknya. Itu jangan sampai terjadi pada kita," katanya, Kamis (13/12/2018) malam.

Afnan pun berharap, apa yang didapatkan para wasit dan pelatih dari penataran ini, bisa disebarluaskan dan diterapkan di daerahnya, sehingga ilmu tak berhenti pada satiap person saja. Menurutnya, hal tersebut demi melanggengkan sepak terjang Tapak Suci. (tribunjogja)

Penulis: aka
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved