Breaking News:

Polisi Selidiki Kasus Spanduk #JKWBersamaPKI di Tanah Abang

Pilisi menyelidiki dugaan hate speech atau ujaran kebencian dalam kasus pemasangan spanduk bertagar #JKWBersamaPKI di tanah Abang

Tribunnews
Spanduk dengan #JKWBersamaPKI di Tanah Abang Jakarta. Polisi dan Bawaslu menyelidiki pihak yang memasang spanduk ini 

TRIBUNJOGJA.COM - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, pihaknya tengah menyelidiki dugaan hate speech atau ujaran kebencian dalam kasus pemasangan spanduk bertagar #JKWBersamaPKI di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

"Jadi soal spanduk itu tetap ditangani Bawaslu, tetapi kami sudah lakukan penyelidikan apakah ada hate speech atau tidak," kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Kamis (13/12/2018).

Argo mengatakan, penyelidikan dilakukan dengan tipe A. Artinya, penyelidikan dilakukan bukan berdasarkan laporan warga.

Dalam tahap penyelidikan kasus, lanjut dia, polisi telah memanggil perwakilan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) untuk dimintai keterangan terkait kasus itu.

Informasi tentang pemasangan spanduk itu viral di media sosial setelah diunggah akun Twitter @gm_gm pada Selasa (4/12/2018) pekan lalu.

"PKI sudah lama jadi bangkai. Ideologinya krisis berat. Menebarkan ketakutan kpd PKI adalah gendruwoisme, yang meracuni masyarakat," demikian isi cuitan akun tersebut.

Berdasarkan foto yang diunggah di media sosial, spanduk itu memuat lima tagar, yakni #PKIBerkedokPancasila, #JKWBersamaPKI, #JKWHoakNasional, #JKWSontoloyoNasional, dan #JKWGenderuwoNasional. Tertulis juga kalimat "2019 Tenggelamkan PKI".

Spanduk itu memuat foto calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Komisioner Bawaslu DKI Jakarta, Puadi, menyebut tak lama setelah unggahan tersebut menjadi viral, pihaknya mengamankan spanduk tersebut dan melakukan penyelidikan. Namun hingga saat ini belum diketahui siapa yang memasang spanduk tersebut. (Sherly Puspita)

.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dugaan Ujaran Kebencian pada Kasus Spanduk #JKWBersamaPKI Diselidiki"

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved