Breaking News:

Kulon Progo

Bangunan Lama Masjid Al Hidayah Dirobohkan

Masjid tersebut selama ini kerap menjadi pusat aktivitas penolakan NYIA, terutama warga dari Paguyuban Warga Penolak Penggusuran Kulon Progo (PWPP-KP)

Penulis: Singgih Wahyu Nugraha
Editor: Gaya Lufityanti
tribunjogja/ing
Lokasi lama Masjid Al Hidayah di dalam areal lahan pembangunan Bandara Kulonprogo/NYIA di wilayah Desa Palihan, Kecamatan Temon (Foto 26 Oktober 2018). Bangunan baru penggantinya telah selesai dibangun di dekat kompleks hunian relokasi warga terdampak NYIA. 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Bangunan lama Masjid Al Hidayah di dalam area proyek pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Palihan, Temon, kini rata tanah.

Masjid tersebut dirobohkan oleh PT Angkasa Pura I sebagai pemrakarsa pembangunan bandara baru tersebut, Rabu (12/12/2018).

Masjid yang terletak di Pedukuhan II Desa Palihan itu tak bisa dilepaskan dari sejarah panjang pembangunan NYIA.

Al Hidayah merupakan satu di antara bangunan masjid yang turut terdampak proyek pembangunan NYIA.

Masjid tersebut selama ini kerap menjadi pusat aktivitas penolakan NYIA, terutama warga dari Paguyuban Warga Penolak Penggusuran Kulon Progo (PWPP-KP) dan para aktivis.

Belakangan, setelah seluruh rumah warga terdampak dirobohkan, masjid itu mulai sepi tanpa orang.

Adapun pada proses pembongkaran bangunan, petugas mencopot terlebih dulu kubah masjid dan beberapa kusen pintu dan jendela.

Setelah itu, satu unit backhoe dikerahkan AP I melalui kontraktornya, PT Pembangunan Perumahan-KSO membongkar bangunan tersebut.

Sehari sebelumnya, barang perlengkapan masjid itu sudah lebih dulu dipindahkan ke masjid baru penggantinya yang telah selesai dibangun di kompleks relokasi pemukiman warga terdampak NYIA di Pedukuhan II Palihan.

Baca: Tali Asih Penggarap PAG Terdampak NYIA Ditarget Selesai Desember Ini

Antara lain karpet, papan informasi, alat sembelih hewan kurban, pengeras suara, dan mikrofon.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved