Memprihatinkan, Gajah Kurus Tetap Dipaksa Tampil di Depan Turis

Seekor gajah terekam kamera saat tampil di Kebun Binatang Samutprakarn di Provinsi Samut Prakan, Thailand.

Memprihatinkan, Gajah Kurus Tetap Dipaksa Tampil di Depan Turis
Viral Press via Mail Online
Seekor gajah terekam kamera saat tampil di Kebun Binatang Samutprakarn di Provinsi Samut Prakan, Thailand 

TRIBUNJOGJA.com, THAILAND - Seekor gajah terekam kamera saat tampil di Kebun Binatang Samutprakarn di Provinsi Samut Prakan, Thailand. Yang memperihatinkan, lantaran gajah yang dipaksa tampil itu berada dalam kondisi sangat kurus.

Meski begitu, pihak kebun binatang mengatakan bahwa gajah itu mendapatkan pakan yang cukup dan dalam kondisi sehat.

Rumah Sakit Khusus Gajah Pertama di Dunia Hadir di India

Kawanan Gajah Tertabrak Kereta Pengangkut Minyak di Sri Lanka

Gali Septic Tank, Kaswadi Temukan Fosil Gajah Purba di Ngaringan

Sebagaimana dilansir Mail Online, Selasa (11/12/2018), penampilan gajah itu direkam pada Jumat, 7 Desember 2018 pekan lalu. Tulang-tulangnya sangat jelas menonjol dari kulitnya. Di saat bersamaan, gajah itu tetap dipaksa untuk tampil di depan para turis. Gajah ini perlahan-lahan meniti berbagai rintangan yang sudah disediakan.

Seorang turis yang merasa prihatin dengan kondisi itu lantas merekam adegan tersebut.

"Saya sering berkunjung ke kebun binatang karena saya memang suka dengan binatang. Tapi kali ini, saat saya berkunjung pekan lalu, saya benar-benar dibuat marah ketika melihat kondisi seekor gajah," jelas narasumber yang tak ingin diungkap identitasnya itu.

"Gajah itu terlihat sangat lemah dan begitu kurus. Saya pikir dia butuh pertolongan. Saya tak ingin mengatakan hal-hal buruk tentang kebun binatang itu, tapi mereka mungkin punya masalah dengan pemeliharaan. Saya ingin mengajak orang-orang untuk menolongnya," tambahnya.

Pengunjung lainnya yang datang ke kebun binatang yang memiliki rating satu bintang di TripAdvisor ini juga mengaku begitu terpukul ketika melihat gajah tersebut. Tapi ia juga mengakui bahwa pertunjukan gajah itu memeroleh sambutan meriah dari para turis.

"Tempat ini kurang perawatan, banyak fasilitas yang sudah rusak dan tak pernah diperbaharui dalam jangka waktu lama. Ini sungguh memperihatinkan melihat hewan-hewan berada dalam kondisi seperti itu," tambah seorang pengunjung, Joyce.

Sementara itu pihak kebun binatang memastikan bahwa hewan-hewan itu berada dalam kondisi sehat dan mendapatkan perawatan yang maksimal.

"Tidak, tidak, tidak, gajah-gajah itu berada dalam kondisi sehat. Mereka semuanya baik-baik saja. Tak ada satupun yang kurus, karena mereka mendapatkan makanan yang cukup setiap hari dan melaksanakan pertunjukan pula setiap hari," jelas juru bicara kebun binatang. (*)

Penulis: Mona Kriesdinar
Editor: Mona Kriesdinar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved