Yogyakarta

Konser Chanda Jantera Kala Hadirkan Musik Semua Era

Konser bertemakan Chanda Jantera Kala ini memperlihatkan perkembangan musik dari tahun ke tahun, yang dimulai dari tahun 1960 sampai 2010.

Konser Chanda Jantera Kala Hadirkan Musik Semua Era
TRIBUNJOGJA.COM / Siti Umaiyah
Konser Chanda Jantera Kala yang diadakan oleh paduan suara Stece Female Choir, SMA Stella Duce I do Auditorium Universitas Sanata Dharma pada Senin (10/12/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM - Untuk ke sekian kalinya, paduan suara Stece Female Choir, SMA Stella Duce I menggelar konser paduan suara tahunan pada Senin (10/12/2018) di Auditorium Universitas Sanata Dharma.

Konser bertemakan Chanda Jantera Kala yang memiliki makna nyanyian yang berputar bersama waktu sengaja dipilih untuk bisa memperlihatkan perkembangan musik dari tahun ke tahun, yang dimulai dari tahun 1960 sampai 2010.

Regina Ayu, Ketua Panitia menerangkan jika konsep berbeda sengaja diambil agar bisa mewadahi semua musik di generasi yang ada.

Selain itu, juga memperkenalkan kepada penonton bahwasanya di setiap generasi ada musik yang selalu menarik.

"Konsep pakai Bahasa Sansekerta. Ceritanya kita ambil lagu-lagu hits dari zaman dulu sampai sekarang. Untuk penonton ada 1.127 yang tidak hanya dari DIY, di luar DIY juga ada. Mulai dari anak kecil sampai dengan oma-oma. Baik penonton maupun kita yang konser juga bisa tahu bahwa dulu ada lagu kayak gini," terangnya.

Dia juga menerangkan, jika konser yang dibawakan kelas 11 dan 12 SMA Stella Duce I ini juga ditujukan untuk mempererat persaudaraan antar anggota paduan suara.

"Ini memang program tahunan. Tujuan bukan memperlihatkan kalau kita bagus, tapi kita ingin melatih bahwa kita bukan hanya paduan suara, kita itu keluarga, sedih senang bareng. Jadi prinsipnya melakukan semua bareng-bareng. Kita juga biar tahu bagaimana sih tampil di depan orang banyak. Jadi punya pengalaman tersendiri," katanya.

Baca: Rayakan Hari Jadi ke 70, SMA Stella Duce 1 Yogyakarta Gelar Karnaval

Trio Kusuma Nugraha, Guru Musik yang juga menjadi penggiring dari konser ini menerangkan jika terdapat 12 lagu yang dibawakan dengan konsep maju mundur.

Untuk proses latihan sendiri sudah dilakukan sejak Bulan Agustus lalu.

"Setiap tahun kita selalu melaksanakan konser dengan konsep yang berbeda beda. Pada tahun ini konser dibuat satu rangkaian, lagunya nyambung antara yang satu dengan yang lain sesuai dengan tema," terangnya.

Halaman
12
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved