Breaking News:

Kota Magelang

Kebun Bibit Senopati Magelang, Banyak Dikunjungi untuk Wisata Selfie

Kebun Bibit Senopati Magelang, Banyak Dikunjungi untuk Wisata Selfie. Ribuan Orang Datangi Tempat Ini Setiap Bulannya.

Tribun Jogja/ Wahyu Setiawan Nugroho
Kebun Bibit Senopati Magelang 

TRIBUNJOGJA.COM - Selain dijadikan menjadi pusat pembibitan dan pembenihan berbagai tanaman bunga dan buah, Kebun Bibit Senopati Magelang juga menjadi daya tarik sendiri bagi para pecinta foto.

Pasalnya, banyak warga bahkan pelancong yang menyempatkan diri untuk selfie dan berswafoto di Kebun Bibit yang terletak di Jurangombo Utara, Kota Magelang ini.

Penataan yang apik dan rapi ditambah konsep bangunan yang dibuat unik, lengkap dengan miniatur water tower yang menjadi ikon kota Magelang menjadikan kebun bibit banyak didatangi.

Muatip, Penanggung jawab Kebun Bibit Senopati menuturkan setiap bulannya wisatawan yang berkunjung ke kebun bibit ini mengalami peningkatan, angkanya hingga ribuan orang.

Baca: Berwisata dan Belajar di Kebun Bibit Senopati Magelang, 550 Jenis Tanaman Siap Manjakan Pengunjung

"Dari catatan kami, itu (pengunjung) untuk bulan Oktober mencapai 5192 orang, sedangkan bulan November sampai 7796 orang," kata Muatip kepada Tribunjogja.com, Senin (10/12/2018).

Ketika musim liburan datang, Atip memprediksi jumlah pengunjung akan terus meningkat.

Berbagai jenis tanaman memang hadir di kebun bibit dibawah naungan Dinas Pertanian Kota Magelang ini. Ada 550 jenis tanaman bunga hingga buah.

Banyak koleksi tanamannya, mulai dari tabebuya, anggrek, melati belanda, red selvia, begonia, pohon kepel, lidah mertua, bunga sepatu dan aneka bunga bawang.

Berkunjung ke Kebun Bibit Senopati pun bisa dibilang sekaligus berwisata edukasi. Di sini pengunjung dapat belajar berbagai macam tanaman, cara penanaman, pembibitan tanaman hingga bercocok tanam secara hidroponik.

Penataan warna bunga dan tanaman pun dipikirkan secara cermat. Sehingga nampak rapi dan asri. Bagus untuk berfoto.

"Kita berfikir pokoknya bagaimana tanaman dan bunga di sini bisa berwarna dan berbunga setiap hari jadi tetap bagus," katanya.

Baca: Mampir ke Wonosari, SBY Makan di Warung Bakso Pak Wariyun

Lokasi dari kebun bibit ini pun cukup mudah dijangkau hanya berada di selatan Taman Kyai Langgeng Kota Magelang atau sebelah utara SMA Negeri 4 Magelang. Tepatnya di seberang Kupat Tahu Pak Pangat Magelang.

Untuk berkunjung ke Kebun Bibit Senopati ini, pengelola tidak memungut biaya sepeser pun alias gratis.

Untuk jam operasional, Kebun Bibit Senopati dapat dikunjungi setiap hari. Untuk weekday (Senin-Kamis) jam 08.00 - 16.00 Wib sedangkan untuk weekend (Sabtu - Minggu) jam 08.00 - 18.00 Wib.

"Namun kita mewanti-wanti kepada pengunjung, karena ini gratis supaya tidak merusak fasilitas dan tanaman, tidak menginjak rumput dan tidak mencoret-coret bangunan/tanaman, dan kita sarankan untuk tidak memegang tanaman apalagi memetik dan merusak," pungkas Muatip. (tribunjogja)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved