Menikmati Damainya Alam Krokoh, Pantai Paling Timur di Yogyakarta

Pantai di Yogyakarta tidak selalu ramai saat akhir pekan seperti saat ini. Masih ada pantai yang cukup sepi, pantai itu bernama Krokoh.

Kompascom/Anggara Wikan
Pantai Krokoh merupakan pantai paling timur Yogyakarta. Pantai di Gunungkidul ini belum banyak dikunjungi 

TRIBUNJOGJA.COM - Pantai memang menjadi wisata andalan Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Itu wajar, karena pantai-pantai di pesisir selatan Gunungkidul begitu indah dengan pasir putihnya.

Setiap akhir pekan, pantai-pantai di Yogyakarta selalu ramai oleh kunjungan wisatawan. Berbagai fasilitas seperti payung dan gazebo kini juga telah banyak dibangun di atas pasir pantainya.

Namun, pantai-pantai di Yogyakarta tidak selalu identik dengan keramaian saat akhir pekan seperti saat ini. Masih ada pantai yang cukup sepi, bahkan di saat week end. Pantai itu bernama Krokoh.

Menuju Pantai Krokoh

Pantai Krokoh berada di Desa Songbayu, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul. Krokoh juga merupakan pantai paling timur di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Jarak Pantai Krokoh dari Kota Yogyakarta adalah sekitar 92 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 3 jam.

Baca: Empat Pantai Terindah di Indonesia Masuk 100 Pantai Terbaik Dunia

Rute terbaik menuju Pantai Krokoh yang pertama adalah lewat jalan utama menuju Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri.

Perjalanan dilanjutkan menuju Kecamatan Paranggupito. Nantinya ikuti plang penunjuk arah menuju Pantai Sembukan.

Dari sana, kemudian dilanjutkan melalui jalan desa sehingga membutuhkan aplikasi penunjuk jalan seperti ini di Google Maps.

Kondisi jalan desa yang harus dilalui tidak terlalu luas dan terbuat dari cor. Beberapa bagian ada yang sudah dicor halus, tetapi ada pula yang kondisi cornya sudah berlubang.

Setelah melaju sekitar 4,5 kilometer, perjalanan dengan kendaraan berakhir meski belum sampai kawasan pantai.

Di sini kendaraan bisa diparkir di halaman rumah warga dan lanjut berjalan kaki sekitar 500 meter untuk sampai bibir Pantai Krokoh.

Akses jalan sampai ke bibir pantai memang belum bagus. Kendaraan seperti sepeda motor masih rawan terperosok jika melaluinya.

Jalan akses menuju Pantai Krokoh, Gunungkidul
Jalan akses menuju Pantai Krokoh, Gunungkidul ()

Menurut warga setempat, jalan menuju bibir Pantai Krokoh akan kembali diperbaiki tahun 2019. Targetnya setelah perbaikan usai, maka kendaraan bisa menjangkau bibir pantai dengan lebih mudah.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved