Pendidikan

Ciptakan Peluang untuk Maju, Usaha Kecil Harus Miliki Laporan Keuangan

Laporan keuangan juga bisa menentukan masa depan perusahaan, karena hal tersebut sangat berguna selain untuk diri sendiri juga untuk investor, dll.

Ciptakan Peluang untuk Maju, Usaha Kecil Harus Miliki Laporan Keuangan
istimewa
Drs Supriyanto MM selaku Pimpinan Bank Syariah BPD DIY cabang Cik Di Tiro Yogyakarta pada acara Pelatihan Pengelolaan Keuangan Untuk Bisnis Start UP di Gedung AR Fachrudin A lantai 5 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Sabtu (8/12/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM - Semua usaha atau bisnis dalam bentuk apapun, harus mengelola laporan keuangannya secara tertib dan tepat.

Sebab jika hal tersebut tidak dilakukan dengan baik maka bisnis yang dikelola suatu saat akan mengalami kebangkrutan.

Hal tersebut sebagaimana ditegaskan oleh Drs Supriyanto MM selaku Pimpinan Bank Syariah BPD DIY cabang Cik Di Tiro Yogyakarta pada acara Pelatihan Pengelolaan Keuangan Untuk Bisnis Start UP di Gedung AR Fachrudin A lantai 5 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Sabtu (8/12/2018).

Baca: Gandeng Bukalapak, LPKA UMY Beri Strategi Dasar Kewirausahaan untuk Usaha Kecil dan Menengah

Laporan keuangan dikatakan Supriyanto, merupakan suatu hal penting dalam memantau pertumbuhan suatu bisnis.

Akan tetapi hal tersebut kerap tidak dilakukan oleh para pedagang di pasar juga toko-toko yang berada di lingkungan masyarakat, atau usaha dan bisnis yang tergolong dalam skala kecil.

Padahal hal tersebut penting untuk melihat kondisi usahanya.

“Laporan keuangan itu penting walaupun bagi usaha atau bisnis kecil, kalau tidak dilakukan maka bagaimana mereka bisa melihat kondisi usahanya?. Karena semua jenis usaha atau bisnis dalam bentuk apapun itu, jika tidak mengelola laporan keuangannya dengan tertib dan tepat, makan akan campur aduk. Atau dalam artian akan mengalami kebangkrutan,” tegasnya melalui siaran resmi yang diterima Tribunjogja.com.

Hal tersebut dia katakan karena sebagai pimpinan bank ia kerap bertemu dengan beberapa wirausahawan yang mengajukan permohonan bantuan dana usaha.

Namun yang menjadi masalah adalah mereka tidak menyertakan laporan keuangan yang dikelola dengan baik bahkan tidak memilikinya.

Masalah ini tentu akan menyulitkan bank dan pihak pemohon dana.

Halaman
12
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved