Tol Merak-Surabaya Ditarget Beroperasi saat Natal

Jalur tol yang menyambung dari Merak hingga Surabaya ini targetkan tersambung pada akhir tahun ini. Kemenhub melakukan pra uji-laik

IST
Jalan Tol Solo-Ngawi yang sudah resmi beroperasi. Akhir tahun 2018 pemerintah menargetkan jalur tol Trans-Jawa sudah terhubung dari Merak di Banten hingga Surabaya Jawa Timur 

TRIBUNJOGJA.COM - Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiyadi, melakukan uji pra-laik fungsi dan keselamatan lalu lintas Tol Trans Jawa.

Seperti diketahui, tol yang menyambung dari Merak hingga Surabaya ini targetkan tersambung pada akhir tahun ini.

Kegiatan uji pra-laik ini dilakukan dari Surabaya, lalu menuju Tol Surabaya-Mojokerto di lanjut ke Mojokerto-Kertosono.

KAI Siapkan 48 KA Tambahan Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2019

Rombongan juga memantau Rest Area 597 B di Jalan Tol Ngawi-Kertosono-Kediri, Jalan Tol Solo-Ngawi, Jalan Tol Semarang-Solo, Jalan Tol Semarang ABC, serta Jembatan Kali Kuto yang menjadi bagian Jalan Tol Batang-Semarang.

Budi menjelaskan ada sejumlah hal yang ditekankan terkait konektivitas jalan tol Tran Jawa, di antaranya adalah masalah aspek keselamatan dan kenyamanan karena targetnya saat libur Natal sudah bisa dilewati.

Jembatan Klodran yang berfungsi sebagai simpang susun atau interchange dengan struktur cable stayed di ruas tol Solo-Kertosono
Jembatan Klodran yang berfungsi sebagai simpang susun atau interchange dengan struktur cable stayed di ruas tol Solo-Kertosono (RODERICK A MOZES/Kompas.com)

"Nanti ada beberapa regulasi terkait dua hal itu akan diperbaiki dan ditambah. Tapi aspek keselamatan adalah yang utama. Jangka pendek kita menyuarakan kepada masyarakat luas bahwa kita tidak main-main bahwa kita ingin Trans Jawa bisa dilewati saat Natal nanti," ucap Budi dalam siaran resmi Jasa Marga, Jumat (7/12/2018).

Aspek Keselamatan

Terkait masalah keselamatan tersebut, Kemenhub akan berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, BPJT, dan Korps Lalu Lintas Kepolisian RI untuk mendapat masukan mengenai keselamatan, kondisi teknis, fisik jalan tol, dan lain-lain.

Baca: Rumah Batu Milik Sutini Mendadak Viral Setelah Diunggah ke Medsos

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Desi Arryani, menyampaikan bahwa kegiatan menyusuri Jalan Tol Trans Jawa bersama Kemenhub ini bukan hanya untuk memastikan uji laik operasi dan kesiapan fisik, tapi juga keselamatan.

"Kami konsen dengan masalah keselamatan. Kami akan pastikan itu sehingga pengguna jalan akan selamat dan merasa nyaman. Jadi, sekarang isunya adalah keselamatan. Jelang mudik Natal ini, masih ada waktu bagi kami untuk melengkapi semuanya mulai dari penambahan rambu dan perangkat keselamatan lain-lainnya,” ujar Desi. (Stanly Ravel)

.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemenhub Targetkan Tol Merak-Surabaya Bisa Beroperasi saat Natal"

Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved