Kota Yogya

Peringatan Hari Ibu, Octo Ingatkan Peran Perempuan dalam Ketahanan Keluarga

Peringatan Hari Ibu, Octo Ingatkan Peran Perempuan dalam Ketahanan Keluarga

Peringatan Hari Ibu, Octo Ingatkan Peran Perempuan dalam Ketahanan Keluarga
Tribun Jogja/ Siti Umaiyah
Gabungan Organisasi Wanita Kota Yogyakarta menggelar Peringatan Hari Ibu di Grha Pandawa Balaikota pada Selasa (4/12/2018) 

TRIBUNJOGJA.COM -  Gabungan Organisasi Wanita Kota Yogyakarta menggelar peringatan Hari Ibu ke-90 tahun 2018 di Grha Pandawa Balaikota,  Selasa (4/12/2018).

Peringatan Hari Ibu ke-90 ini digelar sekaligus untuk memperingati Kongres Perempuan yang diselenggarakan di Yogyakarta pada 22-25 Desember 1928 silam.

"Kongres Perempuan ini diinspirasi oleh peristiwa sumpah pemuda. Pada saat itu 30 organisasi perempuan se-Jawa dan Bali melakukan pertemuan. Disepakati bahwa perempuan memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk memperjuangkan kemerdekaan, baik di bidang politik, pendidikan dan rangka hak pernikahan," kata Octo Noor Arofat Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perlindungan Perempuan dan Anak Kota Yogyakarta.

Baca: Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Beras Medium di Yogyakarta Mulai Merangkak Naik

Dia menjelaskan, melalui kegiatan ini pihaknya ingin meningkatkan kesadaran peran perempuan dalam pembangunan ketahanan keluarga.

Menurutnya, saat ini kesetaraan antara perempuan dan laki-laki sudah ada. Perempuan bisa bergerak dalam bidang ekonomi, sosial budaya, hukum, hampir semua hal yang dulu didominasi kaum laki-laki.

"Hanya kita harus menekankan bahwa kesetaraan itu tidak ada yang lebih tinggi tidak ada yang lebih unggul. Tapi punya hak dan tanggung jawab yang sama," terangnya. (tribunjogja)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved