Yogyakarta

Eko Suwanto Dorong Pemanfaatan Teknologi Informasi Bagi Pengembangan UMKM

Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto mengatakan, pengembangan Teknologi Informasi untuk ekonomi kreatif juga sudah mempunyai perda untuk Ekonomi Kreat

Eko Suwanto Dorong Pemanfaatan Teknologi Informasi Bagi Pengembangan UMKM
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto (tengah) dan Ellen Ruslan selaku Ketua Forkom UMKM Kecamatan Pakualaman (kanan) dalam acara yang disiarkan oleh Tribun Jogja 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Komisi A DPRD DIY terus berkomitmen memberikan dukungan kepada Pemda DIY dalam pemanfaatan Teknologi Informasi untuk ekonomi kreatif khususnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto mengatakan, pengembangan Teknologi Informasi untuk ekonomi kreatif juga sudah mempunyai perda untuk Ekonomi Kreatif.

"Usulan Komisi A untuk Perda pengelolaan dan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) juga sudah selesai dibahas di tingkat Pansus," kata Eko.

Lebih lanjut ia menjelaskan, ada tiga aspek dalam pengembangan UMKM dari sisi teknologi, yakni aspek edukasi, aspek penyediaan sarana dan prasarana dan aspek perlindungan berupa payung hukum.

Baca: Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto Desak Pemkot Yogyakarta Tingkatkan Kesejahteraan RT dan RW

"Aspek perlindungan sedang dalam proses, tinggal menunggu paripurna saja," ujarnya dalam acara yang disiarkan oleh Tribun Jogja.

Dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM), Eko menuturkan, berbagai pelatihan juga sudah dilakukan dengan menggandeng Diskominfo untuk pengembangan UMKM.

"Dari sisi pembangunan jaringan, kita sudah punya 65 km fiber optic, relatif semua hampir terjangkau internet. Di luar itu juga ada 55 wireless yang bisa dijangkau, jadi beberapa tempat wisata sudah dipasang internet dengan baik. Kalau minum kopi di deket Tugu juga sudah terpasang (internet), termasuk Sewandanan juga ada internet," lanjutnya.

Hingga tahun ini, kata Eko, pihaknya telah membangun sebanyak 112 wifi gratis beserta koneksinya yang tentunya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

"Insya Allah 2020 seluruh desa kelurahan yang jumlahnya 438 ini sudah terjangkau internet. Yang juga kita bangun Perda (Pengelolaan dan Pemanfaatan TIK), Perda kita targetkan tahun ini selesai," ucap Eko.

Baca: Eko Suwanto Berharap Ormas Ikut Lakukan Pendidikan Pemilih Hadapi Pemilu 2019

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved