Agenda Jogja Hari Ini

Wayang Wong Thengul Lakon 'Pedang Kangkam Pamor Kencana' Dipentaskan Lagi

Wayang Wong Thengul merupakan seni pertunjukan teater tradisional kerakyatan yang berkembang di DIY sejak zaman penjajahan Jepang.

Wayang Wong Thengul Lakon 'Pedang Kangkam Pamor Kencana' Dipentaskan Lagi
istimewa
Pentas Wayang Wong Thengul 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Usai sukses melaksanakan pentas perdana Wayang Wong Thengul di Dusun Seyegan Margokaton Seyegan Sleman pada Jumat 23 November 2018 lalu, Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman akan kembali mementaskan kesenian Wayang Wong Thengul.

Kali ini pentas akan digelar di Dusun Mraen Sendangadi Mlati Sleman pada Kamis 29 November 2018 malam.

Pentas Wayang Wong Thengul kali ini, akan mengangkat lakon 'Pedang Kangkam Pamor Kencana'.

Adapun Wayang Wong Thengul dengan lakon 'Pedang Kangkam Pamor Kencana' ini akan disutradarai oleh Kayat, penata gending Warsana, penata busana dan rias Sanggar Ratna Grogol, dan dekorasi Agus Prawira.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman HY Aji Wulantara, SH, M Hum menuturkan pementasan Wayang Wong Thengul dimaksudkan untuk melestarikan kebudayaan Jawa dan merevitalisasi potensi kesenian yang hampir punah.

"Wayang Wog Thengul ini merupakan potensi kebudayaan Kabupaten Sleman yang akan terus dikembangkan setelah masa vakum sejak tahun 1980 an," katanya melalui pesan tertulis yang diterima Tribunjogja.com, Rabu (28/11/2018).

Aji menambahkan bahwa melalui upaya revitalisasi Wayang Wong Thengul ini akan menambah khasanah dan memperkuat potensi kebudayaan di Kabupaten Sleman, sekaligus untuk memperkuat dan memperkokoh keistimewaan DIY.

Baca: Nia Daniaty dan Sandy Sandoro Bakal Meriahkan Soft Opening Sleman City Hall

"Wayang Wong Thengul mengalami masa kejayaannya pada tahun 1967 hingga 1980 an dan semenjak itu hingga kini mengalami masa kevakuman," lanjutnya.

Menurutnya fenomena tersebut dikarenakan beberapa hal, diantaranya dikarenakan banyak anggota yang pindah tempat tinggal, anggota lanjut usia, keterbatasan sumberdana serta kekurangan alat musik maupun kostum.

Wayang Wong Thengul sendiri bisa dibilang merupakan seni pertunjukan teater tradisional kerakyatan yang berkembang di Daerah Istimewa Yogyakarta sejak zaman penjajahan Jepang.

Halaman
12
Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved