Yogyakarta

Pedagang Kurang Setuju Gembira Loka Dipindahkan ke Gunungkidul

Dia berpendapat, daripada memindahkan Gembira Loka, Pemerintah bisa mengambil solusi dengan membangun tempat parkir di atas Kali Code.

Pedagang Kurang Setuju Gembira Loka Dipindahkan ke Gunungkidul
tribunjogja/ikrargilangrabbani
Ilustrasi: Pengunjung memasuki Gembira Loka zoo pada Jumat (8/7/2016). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Wacana pemindahan kebun binatang Gembira Loka ke Taman Hutan Rakyat, Gunungkidul oleh Dinas Perhubungan DIY dan nantinya akan menjadikan eks Gembira Loka menjadi taman parkir mendapat reaksi dari pedagang di sekitaran Gembira Loka.

Sri Lestari (29), satu diantara pedagang yang setiap hari menjajakan dagangan di sekitaran Gembira mengaku tidak setuju dengan adanya wacana pemindahan tersebut

Menurutnya, saat ini sangat banyak pedagang baik asongan maupun yang memiliki lapak yang menggantungkan diri dengan berjualan di Gembira Loka.

Baca: Heroe: Gembira Loka Paru-Paru Kota Yogya

"Tidak setuju, disini sudah ramai. Saya kontrak dekat sini. Sudah 4 tahun menggantikan ibu saya jualan disini. Kalau ibu saya sudah 30 tahunan jualan disini. Kalau disini yang pedagang asongan saja sampai 50 orang, belum yang memiliki lapak. Banyak yang menggantungkan hidup dengan berjualan disini," katanya.

Dia menerangkan, jika kebanyakan yang berjualan di sekitaran Gembira Loka merupakan warga sekitar.

Kebanyakan juga sudah tua.

"Disini yang jualan kebanyakan juga sudah sepuh. Nanti bagaimana nasib mereka kalau di pindah ke Gunungkidul. Tidak setuju kalau harus dipindah kesana. Saya jualan dari pagi sampai sore," ungkapnya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Anton warga sekitar Gembira Loka.

Dia menuturkan daripada memindahkan Gembira Loka yang sudah mapan dan sudah bertahun-tahun menjadi objek wisata di Kota Yogyakarta dan merubahnya menjadi kantong parkir, akan lebih baik membangun kantong parkir di tanah milik pemerintah yang lainnya.

Dia menerangkan jika Gembira Loka selama ini merupakan aset Pemerintah Kota yang banyak memberikan pemasukan.

Baca: Sigit Lontarkan Wacana Pemindahan Gembira Loka ke Gunungkidul

Halaman
12
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved