Ekonomi

Jelang Akhir Tahun, Harga Bawang dan Telur di Yogyakarta Naik

Jelang Akhir Tahun, Harga Bawang dan Telur di Yogyakarta Naik. Harga Telur Tembus 24 ribu Perkilogram dan Bawang Merah Rp19 Ribu/Kg

Jelang Akhir Tahun, Harga Bawang dan Telur di Yogyakarta Naik
Tribun Jogja/ Pandji Purnandaru
Komoditi telur di Paras Beringharjo, Senin (13/6/2016) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Yosef Leon Pinsker

TRIBUNJOGJA.COM - Jelang akhir tahun 2018, harga jual untuk dua komoditas pangan yakni telur dan bawang merah di sejumlah pasar di Yogyakarta terpantau mengalami kenaikan.

Meskipun demikian, kenaikan tersebut masih berada di bawah harga acuan yang telah ditetapkan oleh Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 96 Tahun 2018.

Harga masing-masing dari dua barang tersebut berada di kisaran Rp24 ribu/kg untuk telur ayam ras dan bawang merah di harga Rp19 ribu/kg, sementara harga acuan telur berada di Rp23 ribu/kg dan Rp32 ribu/kg untuk bawang merah.

Kasie Pengendalian dan Pengawasan Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Yogyakarta, Evi Wahyuni menjelaskan, kenaikan tersebut merupakan akibat dari naiknya permintaan di kalangan konsumen sementara pasokan untuk komoditas telur cenderung tetap.

Baca: GO-JEK Tingkatkan Kesejahteraan Mitra dengan Beragam Fitur Baru

"Kalau bawang merah juga sama, pasokan dari daerah kurang karena kondisi cuaca sedang musim penghujan," kata Evi, Senin (26/11/2018).

Produksi Turun

Henry Alexandra, salah seorang distributor telur ayam ras untuk wilayah Yogyakarta dan Sleman mengakui tingginya minat konsumen jelang akhir tahun ini.

Disamping itu, jelas dia, faktor cuaca yang memasuki musim penghujan mengakibatkan produksi telur menjadi berkurang, sehingga harga cenderung mengalami kenaikan walaupun sedikit.

"Produksi turun sekitar lima persen dibanding cuaca normal, faktor wisatawan yang berlibur ke Yogya juga jadi penyebab," pungkas dia.

Untuk harga penyaluran, Ia mematok Rp22-23 ribu/kg kepada pedagang. "Kalau segitu bisa dikatakan harganya masih wajar, tidak tinggi ataupun murah, ya dikisaran sedang" tambah dia. (tribunjogja)

Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved