Bantul

Capai Universal Health Coverage, 95 Persen Penduduk Bantul Punya Jaminan Kesehatan

Capai Universal Health Coverage, 95 Persen Penduduk Bantul Punya Jaminan Kesehatan

Capai Universal Health Coverage, 95 Persen Penduduk Bantul Punya Jaminan Kesehatan
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Bantul 

TRIBUNJOGJA.COM - Kabupaten Bantul telah mencapai Universal Health Coverage (UHC). Berdasar data BPJS Kesehatan, jumlah peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)-Kartu Indonesia Sehat (KIS) per 5 November 2018, sebanyak 884.024 jiwa dari total jumlah penduduk 927.181

Diungkapkan oleh Kepala BPJS Bantul Evi Retno Nurlianti, Bantul telah mencapai UHC per 1 November lalu.

Bahkan, kata Evi, sesuai kesepakatan dengan Bupati Bantul, ditargetkan UHC baru akan tercapai pada 1 Desember mendatang.

Baca: Hingga November, 38 Pasangan di Kulon Progo Ajukan Dispensasi Pernikahan Dini

"Sebenarnya kalau dari MOU dengan Pak Bupati sendiri, UHC di Kabupaten bantul direncanakan 1 Desember. Tapi karena semangat yang tinggi, sehingga, data dari Dinas Sosial untuk Jamkesda terintegrasi masuk Oktober dan mencapai 95 persen, maka otomatis Bantul sudah UHC per 1 November," jelasnya, Senin (26/11/2018) siang.

Evi berharap capaian ini dapat dipertahankan. "Harapannya tetap dipertahankan minimal 95 persen, kemudian akan terus meningkat cakupannya," katanya.

Kondisi penduduk yang dinamis, lanjut Evi, memengaruhi pencapaian tersebut. "Masih ada lima persenan yang belum, karena penduduk sangat dinamis sekali ya. Jadi paling tidak bisa bertahan minimal 95 persen ini," ungkapnya. (tribunjogja)

Penulis: amg
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved