Semifinal Liga 2

Jamu PSS Sleman, Kalteng Putra Perkuat Lini Pertahanan

Pelatih Kalteng Putra, Kas Hartadi, memberikan perhatian lebih pada sektor lini belakang jelang leg pertama babak semifinal Liga 2 2018 kontra PSS.

Jamu PSS Sleman, Kalteng Putra Perkuat Lini Pertahanan
TRIBUNJOGJA.COM / Bramasto Adhy
Pemain PSS Sleman merayakan gol Christian Gonzales ke gawang Persiraja Aceh dalam Liga 2 2018 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (21/1/2018). PSS Sleman menang dengan skor 5-0. 

TRIBUNJOGJA.COM - Pelatih Kalteng Putra, Kas Hartadi, memberikan perhatian lebih pada sektor lini belakang jelang leg pertama babak semifinal Liga 2 2018 kontra PSS Sleman di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Minggu (25/11/2018).

Kendati memburu banyak gol demi mengantisipasi laga leg kedua di Sleman tiga hari berselang, namun Kas Hartadi menilai PSS Sleman memiliki lini depan yang patut diwaspadai lantaran bisa menjadi batu sandungan bagi timnya untuk mengamankan tiket promosi ke Liga 1.

"Ini seperti laga ulangan," kata Kas Hartadi.

PSS Sleman dan Kalteng Putra, sebelumnya sudah saling bertemu di wilayah Grup Timur Liga 2 2018. Kala itu keduanya berbagi kemenangan di kandang masing-masing.

Baca: Kalteng Putra Vs PSS Sleman : Super Elja Dibayangi Rekor Sempurna Laskar Isen Mulang di Tuah Pahoe

Pada pertemuan perdana di fase penyisihan grup, Super Elja harus mengakui keunggulan tuan rumah 1-0 di Stadion Tuah Pahoe, Sabtu (10/7/2018) silam.

Gol semata wayang tuan rumah lahir dari titik putih melalui kaki sang kapten sekaligus pencetak gol terbak kedua Kalteng Putra, Taufik Kasrun kala itu sebelum akhirnya didepak jelang bergulirnya babak 8 besar.

Kala itu, Pelatih PSS Sleman Seto Nurdiyantara mengatakan kekalahan atas timnya lebih dikarenakan faktor nonteknis. Permainan sangat menjemukan karena wasit kerap kali menghentikan pertandingan.

Baca: Daftar Nominasi Ballon dOr Sudah Dirilis, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi Tak Jadi Unggulan?

Kekalahan tersebut dibalaskan penyerang gaek Cristian Gonzales yang mengantar PSS Sleman unggul 1-0 pada putaran kedua di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (25/9).

Barisan pertahanan pun mendapat porsi lebih besar. Pasalnya, PSS memiliki Cristian Gonzales, yang makin menunjukkan ketajamannya di akhir kompetisi kasta kedua ini.

"Sepak bola adalah permainan kolektif. Bagi saya, semua lini harus dibenahi. Kordinasi permainan juga perlu ditingkatkan lagi. Tapi, pertahanan lebih saya perhatikan karena PSS punya pemain depan yang memiliki kecepatan. Mulai sayap hingga striker, seperti Gonzales," ungkap Kas Hartadi.

Baca: Link Live Streaming Persija Jakarta vs Sriwijaya FC - Asa Persija Raih Gelar Juara Liga 1 2018

"Pertahanan sangat penting. Apa gunanya kami bisa cetak banyak gol, tapi kami juga kebobolan," imbuhnya.

Kendati begitu, bukan berarti Kalteng Putra akan menerapkan taktik bertahan pada dua laga semifinal format kandang tandang nanti.

Mantan pelatih Sriwijaya FC ini akan berupaya memaksimalkan jatah kandang leg pertama dengan sebanyak mungkin menjebol gawang PSS.

"Agregat gol akan jadi penentu semua tim lolos ke Liga 1. Sekarang bagaimana caranya mengalahkan PSS dengan selisih gol banyak karena saya yakin leg kedua di Sleman nanti pasti lebih berat lagi perjuangan kami," pungkasnya. (tribunjogja)

Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved