Yogyakarta

Ketua Komisi A DPRD DIY Targetkan Pembangunan 35 Kelurahan/Desa Tangguh Bencana Tahun Depan

Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto mengatakan, hingga saat ini ada 15 Katana yang aktif di Kota Yogyakarta.

Ketua Komisi A DPRD DIY Targetkan Pembangunan 35 Kelurahan/Desa Tangguh Bencana Tahun Depan
Tribun Jogja/ Noristera Pawestri
Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI-Perjuangan Dapil Kota Yogyakarta, Eko Suwanto (tengah), dan KetuaForum Komunikasi Katana Kota Yogyakarta, Ernanto Raharjo (kanan) dalam acara yang disiarkan Tribun Jogja 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - DPRD DIY telah merancang strategi guna mencegah dan menanggulangi bencana alam dengan membangun Kelurahan Tangguh Bencana (Katana), Desa Tangguh Bencana (Destana) dan Sekolah Siaga Bencana (SSB).

Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto mengatakan, hingga saat ini ada 15 Katana yang aktif di Kota Yogyakarta.

Sejak 2013-2018 pihaknya telah bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kota Yogyakarta telah menuntaskan 218 desa dan kelurahan tangguh bencana.

"Tahun ini akan kita bangun jadi 25 Katana. Tahun depan akan kita akan tambah 10 Katana, jadi targetnya ada 35 Katana," ujar Eko dalam acara yang disiarkan Tribun Jogja pada Rabu (21/11/2018) malam.

Eko melanjutkan, program penanggulangan resiko bencana dari sisi pencegahan dari pendidikan yakni ada 4 kegiatan.

Yang pertama Destana dan Katana yang sepenuhnya dibiayai oleh APBD DIY, kemudian Kampung Tangguh Bencana (KTB) dibiayai oleh APBD Kota Yogyakarta.

Selain itu juga Sekolah Siaga Bencana (SBB) yang ada di SMA SMK yang menjadi kewenangan pemda DIY yang dibiayai oleh APBD DIY serta Kampung Siaga Bencana (KSB) dari APBN melalui dinas sosial.

"Kita harapkan Katana, Destana, KTB, KSB, SSB itu kompak. Kuncinya itu. Dan Jogja punya pengalaman yang baik gotong royong. Selain bantuan dari pemerintah bantuan daei swasta, modal utama masyarakat Jogja menghadapi resiko bencana ini adalah gotong royong, daya gotong royong teman-teman luar biasa," ucapnya.

Untuk pembangunan Katana di Kota Yogyakarta sendiri sudah dimulai sejak 2013 silam.

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved