Eko Suwanto Ajak Elit Teladani Filosofi Satlinmas "Ora Perlu Kondang Sing Penting Tumandang"

Satpol PP Pemda DIY atas dukungan Komisi A DPRD DIY menyelenggarakan Pembinaan Anggota Satlinmas tentang Kepemiluan bagi 4.500 anggota Satlinmas.

Eko Suwanto Ajak Elit Teladani Filosofi Satlinmas
Istimewa
Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto dalam paparan materi di depan Satlinmas 

TRIBUNJOGJA.COM - Satpol PP Pemda DIY atas dukungan Komisi A DPRD DIY menyelenggarakan Pembinaan Anggota Satlinmas tentang Kepemiluan bagi 4.500 anggota Satlinmas.

Pembinaan ini sangat penting untuk memberikan pembekalan bagi anggota Satlinmas tentang peraturan Pemilu 2019 dan mendukung ketugasan Satlinmas dalam mewujudkan Pemilu 2019 yang aman, tentram dan damai.

Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan dapil Kota Yogyakarta Eko Suwanto yang hadir memberikan pembekalan 300 anggota Satlinmas Kecamatan Kraton, Mantrijeron dan Gondomanan, Kamis (22/11/2018)di Yogyakarta menyampaikan bahwa Satlinmas dalam melaksanakan tugasnya disemangati oleh kesukarelaan dan keikhlasan berjuang mewujudkan situasi aman, tentram dan damai di masyarakat jelas Pemilu 2019.

"Filosofi Satlinmas "ora perlu kondang sing penting tumandang" yang artinya tidak memiliki pamrih untuk terkenal, yang penting kerja keras dan berjuang. Filosofi ini memiliki makna yang sangat mendalam dimana setiap orang termasuk kita dalam menjalankan tugas dan kewajiban mesti selalu dilandasi rasa ikhlas terutama dalam perjuangan membela dan memperjuangkan kesejahteraan masyarakat. Kita mengajak para elit politik untuk meneladani filosofi Satlinmas ini dan berkomitmen menjalankannya secara konsisten dalam kehidupan sehari hari", ujar Politisi Muda PDI Perjuangan Eko Suwanto didepan peserta yang hadir.

Tampak Satlinmas memberikan tepuk tangan yang meriah mendapatkan suntikan semangat Ketua Komisi A DPRD DIY.

Turut hadir menjadi nara sumber dalam pembinaan Satlinmas Dir Binmas Kombes Pol. Rudi Heru Susanto, Ketua KPU DIY Hamda Kurniawan dan Kasat Pol PP Pemda DIY Noviar Rahmad.

Mantan Kasatpol PP DIY GBPH Yudoningrat juga tampak hadir di tengah Satlinmas yang menjadi peserta. Satpol PP Kota Yogyakarta juga turut hadiri acara pembekalan ini bersama para lurah dan perangkatnya.

"Sejak diputuskan KPU DIY per tanggal 13 November 2018 jumlah TPS mengalami kenaikan dari 11.776 menjadi 11.780 dengan jumlah pemilih 2.733.830 orang. Artinya jumlah Satlinmas yang akan di tugaskan di 11.780 TPS, 438 desa/kelurahan, 78 kecamatan dan 5 kabupaten/kota se DIY sejumlah 30.858 personel. Kita harapkan setelah Pemda DIY memberikan pembinaan, Pemda Kabupaten/Kota dan KPU juga bisa memfasilitasi pembinaan kepemiluan bagi seluruh Satlinmas yang ada. Kita percaya dengan Satinmas yang kuat dan didukung Pemda, Polri dan TNI bersama KPU dan Bawaslu akan dapat mewujudkan Pemilu 2019 yang aman dan tentram. Prinsipnya kita dukung penuh Satlinmas menjalankan tugas tugasnya, dan tentu saja juga mendukung Pemda untuk meningkatkan kesejahteraan Satlinmas", kata Alumni MEP UGM Eko Suwanto yang pada Pemilu 2019 maju kembali sebagai Caleg DPRD DIY dapil Kota Yogyakarta. (*)

Editor: ribut raharjo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved