Kota Yogya

Dinkes Kota Yogya Luruskan Informasi Pendaftaran Kepesertaan JKN KIS Kelas 3

Penduduk yang belum terdaftar sebagai peserta JKN KIS dapat didaftarkan oleh pemerintah daerah, dalam hal ini Pemkot maupun Pemprov.

Dinkes Kota Yogya Luruskan Informasi Pendaftaran Kepesertaan JKN KIS Kelas 3
TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Agus Sudrajat saat memberikan keterangan pers mengenai kepesertaan JKN KIS yang dibiayai Pemkot Yogyakarta, Kamis (22/11/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta meluruskan pesan rantai yang beredar melalui pesan singkat yang menyebutkan bahwa pendaftaran peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS) yang dibiayai Pemerintah Kota Yogyakarta, telah dibuka kemarin, Kamis (22/11/2018).

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Agus Sudrajat menjelaskan bahwa akibat dari pesan tersebut, beberapa warga 'kecelik' dengan datang ke kantor Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta untuk mendaftarkan diri menjadi peserta.

"Perlu kami sampaikan, bahwa waktu pendaftaran akan diumukan lewat SE (Surat Edaran) Walikota. Nantinya akan diumumkan ke seluruh wilayah, baik Kecamatan,  Kelurahan, maupun Puskesmas," bebernya dalam Jumpa Pers di Dinas Komunikasi dan Persandian Kota Yogyakarta, Kamis (22/11/2018).

Ia pun menuturkan, bahwa nantinya warga yang berminat untuk menjadi peserta bisa mendaftarkan diri di loket yang dibuka di Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta maupun Kantor BPJS Cabang Kota Yogyakarta.

"Kami menyiapkan SDM dulu, teman-teman Jamkesda dilatih pihak BPJS," ucapnya.

Pendaftaran peserta JKN KIS oleh Pemkot Yogyakarta, lanjutnya, sesuai dengan amanah pemerintah pusat yang berbunyi bahwa penduduk yang belum terdaftar sebagai peserta JKN KIS dapat didaftarkan oleh pemerintah daerah, dalam hal ini Pemkot maupun Pemprov.

"Pada anggaran 2019, Pemkot mengalokasikan kurang lebih Rp 24,8 miliar untuk pembayaran premi penduduk untuk JKN KIS. Regulasinya diatur dalam Perwal tentang Jamkesda Kota Yogyakarta," bebernya.

Selanjutnya, Agus menerangkan bahwa kriteria penduduk yang bisa mengajukan diri sebagai peserta JKN KIS yang dibiayai Pemkot Yogyakarta adalah yang memiliki KTP/KIA dan KK Kota Yogyakarta.

"Artinya memang penduduk Kota Yogya yang dibuktikan dengan identitas tersebut," imbuhnya.

Baca: Pemkot Yogyakarta Luncurkan 14 Kampung KB

Halaman
123
Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved